Ciri dan Syarat Syarat Paragraf Bahasa Indonesia Yang Baik dan Efektif

Advertisement
Untuk mendapatkan sebuah paragraf yang baik anda harus memperhatikan beberapa syarat.Paragraf sendiri merupakan gabungan kalimat yang mengandung satu gagasan pokok dan didukung oleh gagasan-gagasan penjelas. Jadi paragraf merupakan satuan bahasa di atas kalimat.

Paragrafbmemiliki berbagai macam bentuk dan jenis. Dalam bahasa Indonesia kita mengenal beberapa jenis paragraf seperti paragraf argumentasi, eksposisi, deskrifsi, narasi, dan persuasi. Untuk lebih detailnya anda dapat temukan dalam artikel Pengertian Paragraf Argumentasi, Eksposisi, Deskripsi, Narasi dan Persuasi.

Seperti halnya kalimat, sebuah paragraf harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Paragraf yang baik setidaknya harus memenuhi syarat kohesi, koherensi, kelengkapan dan kevariasian.
  1. Kesatuan (kohesi): sebuah paragraf dianggap memenuhi kriteria kesatuan apabila kalimat-kalimat dalam paragraf tersebut bersama-sama mendukung suatu hal atau tema tertentu yang diangkat. Hal ini karena sebuah paragraf yang baik biasanya hanya mengangkat satu gagasan pokok saja.
  2. Kepaduan (koherensi): sebuah paragraf dianggap memenuhi kriteria kepaduan apabila semua kalimat yang membangun paragraf saling terkait antara kalimat yang satu dan kalimat lainnya yang membentuk paragraf tersebut.
  3. Kelengkapan: sebuah paragraf dianggap lengkap jika paragraf tersebut dibangun oleh beberapa kalimat yang terdiri atas kalimat utama dan kalimat-kalimat uraian atau penjelas.
  4. Kevariasian: sebuah paragraf dinyatakan memenuhi kriteria kevariasian apabila kalimat-kalimat yang membangun paragraf tersebut bervariasi baik dari segi struktur kalimat, bentuk kata, maupun pilihan kata (diksi) yang digunakan.
syarat paragraf baik dan efektif

Lihat contoh paragraf narasi berikut berikut:
Pagi-pagi sekali kira-kira pukul 4.00 aku sudah dibangunkan. Ibu berkata bahwa hari ini kami akan berlibur ke Jakarta. Kami pergi naik kereta api, jadi tidak macet. Aku segera mandi. Sementara itu, ibu sedang berberes-beres. Setelah aku selesai mandi, ibu gantian mandi dan aku melanjutkan pekerjaan ibuku.

Paragraf di atas merupakan salah satu contoh paragraf yang baik. Pada paragraf di atas penulis mengangkat gagasan utama tenteng "persiapan pergi berlibur ke Jakarta". Kita lihat semua kalimat yang ada tampak bersama-sama mengusung satu gagasan utama. Kalimat-kalimatnyapun cukup terpadu dan memiliki kelengkapan berupa kalimat utama dan penjelas.

Bagi sobat yang ingin mendapatkan contoh paragraf yang lebih banyak lagi, silahkan baca artikel-artikel berikut ini: