Pengertian dan 4 Contoh Paragraf Karangan Eksposisi Singkat

Advertisement
Pada pertemuan yang lalu kita telah belajar mengenai pengertian dan contoh paragraf diskripsi singkat. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang pengertian dan contoh paragraf eksposisi.
Pastinya sobat abimuda.com sudah pada tahu kan apakah paragraf eksposisi itu? Tetapi tidak ada salahnya kita belajar lagi untuk mengingat-ingat kembali pelajaran bahasa indonesia tentang paragraf eksposisi.
Ok, mari kita ikuti sama-sama ulasan mengenai pengertian dan contoh paragraf eksposisi singkat.

Pengertian Paragraf Eksposisi


Mungkin sobat abimuda.com masih ingat bahwa paragraf eksposisi adalah  paragraf yang menjelaskan suatu definisi atau pengertian suatu topik yang telah dibahas. Jadi, secara sederhananya paragraf eksposisi merupakan paragraf yang isinya mendiskripsikan tentang suatu topik yang akan dibahas.

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat


Jika sobat abimuda.com masih bingung mengenai paragraf eksposisi, dan bingung bagaimana membuat contohnya, berikut saya sajikan contoh paragraf eksposisi singkat:

Contoh 1:
Kemoterapi adalah sebuah metode terapi yang bertujuan untuk membunuh dan menghambat perkembangan kangker, yakni dengan memasukkan zat kimia tertentu terhadap tubuh manusia yang menderita kangker. Fungsi utama kemoterapi adalah sebagai pembasmi sel-sel kangker sampai pada bagian akar-akarnya yang tidak dapat dijangkau oleh pisau bedah.
Selain itu, kemoterapi juga memiliki tujuan untuk mengontrol sel-sel kangker supaya tidak berkembang biak secara liar.

Contoh 2:
Makanan yang baik adalah makanan yang memiliki tingkat gizi yang tinggi. Bukan karena mahal harganya, tetapi banyaknya kandungan vitamin yang terdapat pada makanan tersebut.
Mengkonsumsi makanan yang bergizi tentu memiliki tujuan yang baik bagi kesehatan tubuh, supaya manusia tidak gampang sakit. Selain itu, dengan mengkonsumsi nutrisi yang bergizi akan menjadikan pola hidup sehat.

Contoh 3:
Perlu sebuah proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luak yang nikmat dan berkualitas. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan dalam proses pembuatan kopi.
Untuk tahapan berikutnya, biji kopi dizordir untuk  memisahkan biji kopi yang segar dan yang busuk dengan cara direndam terlebih dahulu. Kopi yang busuk akan mengapung sedangkan yang baik akan tenggelam.
Kemudian kopi-kopi tadi yang sudah dipilih, diberikan kepada musang atau luak jenis binturong dan bulan yakni luak pemakan kopi. Pada proses ini luwak memiliki peranan yang sangat penting karena indera penciumannya hanya akan memilih biji kopi yang berkualitas .
Setelah luwak memakan biji kopi tersebut, selanjutnya biji kopi akan mengalami fermentasi pada lambung luwak yang nantinya akan dikeluarkan kembali bersama kotoran luwak. Baru setelah itu biji kopi (kotoran luwak) tersebut dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotorannya dan mensucikan kopi tersebut, hal tersebut sesuai dengan anjuran MUI. Kemudian kopi dijemur dan digiling.
Sebelum pada akhirnya diproses menjadi kopi luwak yang lezat dan telah digemari oleh semua kalangan.

Contoh 4:
Hubungan dengan sesama muslim yang lain adalah bisa diibaratkan selayaknya satu anggota tubuh. Mereka akan merasakan sakit jika salah satu anggota tubuh lainnya tersakiti.
Tentu hal itu sangat sesuai dengan yang disabdakan oleh Nabi yakni: “Sesama muslim adalah saudara”". Jadi kita tidak boleh saling menyakiti antar sesama muslim yang lainnya.
Hal itu supaya tercipta kerukunan yang hakiki.

Nah itulah tadi ulasan mengenai pengertian dan contoh paragraf eksposisi. Semoga ulasan yang singkat ini dapat memberikan refrensi bagi sobat abimuda.com yang sedang mencari bahan untuk sekolahnya.