4 Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Advertisement
Dalam pembahasan sebelumnya kita telah mengupas pengertian paragraf persuasi dan beberapa contoh paragraf persuasi yang baik. Pada intinya paragraf persuasi adalah paragraf yang berisi tentang ajakan atau himbauan yang dilakukan oleh penulis agar pembaca mau melaksanakan ajakan atau himbauan tersebut.

Dan pada artikel kali ini, abimuda hanya ingin menambahkan beberapa contoh paragraf persuasi sebagai referensi sobat sekalian. Berikut beberapa contoh tentang paragraf persuasi singkat, selamat membaca
:

4 Contoh Paragraf Persuasi Singkat

Contoh Paragraf Persuasi 1:

“tanah longsor merupakan masalah yang umum terjadi pada wilayah pegunungan. Peristiwa ini mengakibatkan adanya berbagai kerugian, baik kerugian secara material maupun kerugian nonmaterial. Namun yang harus kita ketahui adalah apa sebenarnya penyebab terjadinya tanah longsor tersebut. Perlu kita ketahui bersama bahwa sebagian besar peristiwa tanah longsor diakibatkan oleh ulah tangan manusia itu sendiri yang merusak keberadaan hutan hijau, mulai dari pembakaran hutan sampai penebangan hutan secara liar. Untuk itulah, agar peristiwa tanah longsor tidak terulang terus masyarakat perlu memiliki kesadaran menjaga hutan.”

Contoh Paragraf Persuasi 2:

“dahulu, indonesia dikenal sebagai salah satu negara pengekspor minyak yang terbesar. Tapi tanpa disadari seiring berjalannya waktu negara kita saat ini justru sudah mengimpor minyak bumi dari negara-negara lain. Ini disebabkan karena kebutuhan minyak bumi terus mengalami peningkatan sehingga indonesia harus mengimpor minyak dari negara lain. Padahal jika kita mau, kita dapat menggunakan energi non-minyak sebagai sumber energi yang ada di seluruh indonesia. dengan begitu kita dapat menghemat jutaan barrel minyak bumi yang dimiliki indonesia. oleh karena itu, mulai saat ini kita bisa memaksimalkan penggunaan energi non-minyak, seperti energi gas dan tenaga matahari,. Dengan begitu kita dapat menghemat persedian energi minyak yang semakin menipis.

Contoh Paragraf Persuasi 3 :

“penggunaan bahan kimia sebagai campuran bahan makanan hewan ternak memang dapat mempercepat pertumbuhan hewan ternak. Bahkan pertumbuhannya bisa dua kali lipat dari biasanya. Tapi kekurangan bahan kimia pada makanan ternak dapat berdampak yang kurang baik pada hasil ternak karena pada bahan-bahan kimia tersebut dapat berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak. Bukan hana itu saja. Penggunaan bahan kimia juga dapat berpengaruh pada hasil produksi hewan ternak yang menjadi tidak alami lagi sehingga akan berpengaruh pada struktur zat hasil peternakan non-organik. Oleh karena itu, beralihlah pada cara-cara beternak yang sehat karena peternakan organik memanfaatkan bahan makan dari alam seperti rumput liar sehingga dapat menghasilkan hewan ternak yang lebih sehat dan juga menghasilkan struktur zat yang lebih alami.”

Contoh Paragraf Persuasi 1:

“masalah lingkungan bukan hanya menjadi masalah pemerintah saja tapi semua orang wajib menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. banyak akibat buruk yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan, seperti tanah longsonr, kabut asap, dan lain sebagainya. untuk itu, jagalah kelestarian alam dan lingkungan yang ada di sekitar kita.”

itulah tadi pembahasan tentang pengertian dan contoh paragraf persuasi singkat. semoga sobatAbimuda dapat memahaminya.