Pengertian dan Contoh Paragraf Karangan Deskripsi Singkat Terbaru

Advertisement
Jika pada pertemuan yang lalu kita telah membahas tentang pengertian dan contohnya paragraf narasi yang singkat, pada kesempatan kali ini saya akan kembali membahas tentang paragraf, hanya saja paragraf yang akan saya paparkan kali ini berupa paragraf diskripsi beserta contohnya yang singkat.
Tentu sobat abimuda.com masin ingat tentang pelajaran satu ini kan? Atau barangkali sudah benar-benar lupa?
Baiklah, tak usah sobat risau, sebab bagi sobat abimuda yang sudah lupa saya akan berusaha mengingatkan kembali tentang pelajaran bahasa indonesia khususnya tentang paragraf diskripsi yang singkat.
Ok, tak usah banyak berbincang, berikut ini ulasannya.

Pengertian paragraf diskripsi

Seperti biasa sebelum sobat abimuda.com mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, tentu saya akan mengulas dari pengertian, ciri-ciri dan yang terakhir adalah contoh. Hal itu dimaksudkan supaya soba abi muda lebih mudah untuk memahami materi ini secara runtut.

Karangan diskripsi merupakan sebuah karya yang berisi tentang gambaran atau penjelasan tentang objek, setting, keadaan dan benda dengan memakai kata-kata. Karya diskripsi ini memiliki tujuan untuk memberikan suatu kesan yang jelas terhadap pembacanya supaya pembaca seakan-akan mengetahui, melihat atau merasakan sendiri mengenai objek yang sedang dipaparkan. Biasanya apa yang dituliskan dalam paragraf bentuk diskripsi merupakan hasil dari pengamatan panca indera.

Ciri-ciri karangan diskripsi


Tentu dalam sebuah karangan memiliki ciri-ciri khusus, hal itu untuk membedakan dengan karangan-karangan lain, ciri-ciri dari karya diskripsi di antaranya adalah:
Isi dari paragraf diskripsi adalah suatu gambaran tentang objek yang bisa didengar, dilihat, dan dirasakan.
Melukiskan objek dengan sejelas-jelasnya dengan melibatkan panca indera.
Dapat membuat pembaca atau pendengar seakan-akan telah ikut merasakan, atau mengalami sendiri terhadap apa yang sedang disampaikan oleh penulisnya.
Karya diskripsi biasanya disampaikan dengan menarik dan gaya bahasa yang memiliki diksi.

Contoh Paragraf Karangan Diskripsi Singkat


Pada suatu sore hari aku tengah asik duduk di taman bunga yang ada di depan rumah. Aku duduk disebelah kursi yang terbuat dari bambu, tepat ditengah-tengah taman yang memiliki ukuran 8x9 meter.
Taman bunga yang saat ini kududuki telah dibuat oleh ayah setahun yang lalu, sebagai tanda cintanya terhadap tumbuh-tumbuhan. Aku pun bersantai di sana sejenak, mataku memandang ke arah bunga-bunga yang mulai bermekaran , sangat indah, tersusun rapi menurut jenis mereka.

Adanya keindahan-keindahan tersebut telah memaksa diriku untuk mengitari taman itu yang memang penuh dengan bunga. Ketika itu aku berjalan di atas rerumputan hijau, tiba-tiba langkahku terhenti pada bunga mawar yang berada di barisan pertama taman bungaku. Tumbuhan ini memiliki duri-duri yang banyak tajam deseluruh tangkainya, namun meski demikian mereka memiliki bunga yang sangat indah dan beragam seperti: merah, kuning, hitam dan putih.

Ketika aku mengagumi bunga mawar itu, tiba-tiba hidungku merasakan bau harum yang datang dari baris ke-2 di taman bungaku. Tersebab aku penasaran, maka aku pun mencari-cari asal dari bau harum tersebut dan ternyata bau itu berasal dari tumbuhan melati.

Tumbuhan tersebut memiliki ukuran kecil sehingga telah tertutup oleh tumbuhan bunga mawar yang ada di depannya. Meski pun kecil, bunganya yang sangat harum mewangi seakan-akan ingin menunjukkan keekstensin dirinya.

Nah demikianlah pembahasan tentang pengertian paragraf diskripsi dan contohnya yang singkat. Semoga dapat memberi inspirasi bagi sobat abimuda.com yang ingin mencari refrensi tentang materi ini.