Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

Advertisement

Menurut saya pribadi belajar bahasa Arab merupakan kebanggaan tersendiri. Karena selain bahasa Arab merupakan bahasa yang digunkan dalam Al qur’an dan sudah menjadi identitas bagi agama Islam, bahasa Arab juga ternyata merupakan bahasa tertua sekaligus bahasa internasional yang dituturkan oleh banyak orang khususnya di Timur Tengah dan negara-negara Afrika.

Konon bahasa Arab   termasuk rumpun bahasa Semit dan merupakan salah satu bahasa tertua yang masih bertahan sejak hari ini. Atau bahkan ada yang mengatakan juga bahwa bahasa Arab merupakan nenek moyangnya semua bahasa.

Tapi pada artikel ini kita tidak akan bicara terlalu luas tentang keutamaan bahasa Arab. Saya anggap anda yang membaca artikel ini sudah tahu sekali tentang keutamaan bahasa Arab. Jadi sekarang kita hanya akan focus membahas Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula.

Bahasa Arab Pemuala


Belajar Bahasa Arab Pada Seorang Guru

Walaupun kata orang belajar tidak selalunya harus bersama guru, tapi saya tetap menyarankan anda untuk memiliki seorang guru. Usakan cari guru yang memiliki kapasitas yang cukup mumpuni serta memiliki pengalaman mengajarkan bahasa Arab.

Jika tidak bisa, anda juga dapat menjadikan teman anda yang mungkin lebih pandai sebagai seorang guru atau sekedar sharing.

Perbanyak Hafalan Kosakata

Kosakata bisa diibaratkan peluru yang keluar dari moncong senjata. Jika tidak punya hafalan kosakata ya bagaimana kita mau bicara ?

Makanya aneh jika seorang ingin cepat menguasai bahasa Arab tapi malas menghafal kosakata. Padahal itu pokok, dan bahasa Arab sendiri terkenal dengan banyaknya antonim untuk setiap katanya.

Mulailah dengan menghafal kata benda yang ada di sekeliling kita. Mulai dari sekeliling kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi, sekolah, pasar dan lain sebagainya.

Adapun untuk kata kerja  bahasa Arab (fi'il), sebaiknya anda batasi dulu jumlahnya. Hal ini karena kata kerja dalam bahasa Arab memiliki tingkat kesulitan yang cukup lumayan. Terutama pada tashrif atau perubahan struktur kata yang dipengaruhi oleh kata ganti (dhomir) dan lain-lain.

Gunakan Buku Bahasa Arab Untuk Non Arab

Dewasa ini sudah banyak buku pelajaran bahasa Arab yang didesain khusus untuk mereka yang bukan orang Arab. Buku jenis ini sangat dianjurkan karena lebih mudah difahami daripada buku-buku pelajaran bahasa Arab biasa.

Biasanya dalam buku jenis ini pula, anda akan lebih diajak mengerahkan semua komponen kecerdasan berbahasa. Mulai dari mendengar, membaca, berbicara dan menulis.

Anda dapat memelih buku pelajaran seperti Durusul Lughoh Gontor, Silsilah Al Arobiyah Baina Yadaik, Durusul Lughoh Universitas Islam Madinah, Silsilah ta’lim lughoh Al Arobiyah dan yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya dibaca di sini : 5 Buku Bahasa Arab Terbaik Untuk Pemula

Cari Komunitas Berbahasa

Karena kita tinggal di negara non Arab, tentunya agak sulit mendapatkan orang yang bisa kita ajak untuk bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Arab. Di sinilah akan terasa sekali manfaatnya berkomunitas. Mulai dari sekedar sebagai teman bicara, sharing sampai bertanya hal-hal yang belum kita fahami tentang bahasa Arab.

Di zaman moderen ini, medsos dan media semisalnya mungkin bisa menjadi solusi untuk mendapatkan komunitas yang saya maksud.

Baca :  Tips Cara Belajar Bahasa Arab Online Untuk Pemula

Mulai Praktik

Ketika anda mendapatkan pelajaran bahasa Arab anda yang pertama, maka saat itupula anda harus mempraktikannya. Anda dapat memulai praktik dengan cara fahami, tirukan dan modifikasi.

Ya, jadi fahamilah pelajaran yang anda baca dan mulailah menghafalnya untuk meniru. Setelah itu baru anda dapat memodifikasinya sesuai dengan yang anda kehendaki.

Oke, mungkin itu saja beberapa tips atau Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula. Dari sekian poin yang saya sebutkan sebenarnya ada point penting yang sengaja tidak saya sebutkan. Yaitu niat dan kemuan yang tinggi. Niat yang tulus dan kemauan yang tinggi adalah titik tolak dimana seseorang akan mulai melangkah. Jadi kuatkan dulu niat dan kemauan anda baru mulailah belajar.