Tips Cara Belajar Bahasa Arab Online Untuk Pemula

Advertisement
Belajar bahasa Arab online untuk pemula bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan oleh siapa saja. Bahkan cara seperti ini sangat baik dan bisa ditempuh oleh mereka yang sibuk dan belum dapat mengikuti pelajaran intensif langsung dengan para ahli sebagaimana halnya mereka yang duduk di bangku pesantren atau sekolah.

Terlebih pada zaman saat ini segala fasilitas untuk mendukung Belajar bahasa Arab online sangat banyak sekali. Mulai dari grup whatsApp, Facebook, BBM, Skype atau website dan blog pendidikan yang menyajikan ulasan bahasa Arab seperti blog ini.

Nah bagi anda yang memiki akses internet yang cukup lumayan pastinya sayang sekali jika melewatkan kesempatan seperti ini. Hitung-hitung daripada inetnya hanya digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik sobat gunakan deh untuk belajar bahasa Arab. Insya Alloh berpahala dan termasuk dalam tafakkuh fieddien.

Namun sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya anda juga membaca artikel kami yang berjudul Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

Oke bagi sobat yang mau coba belajar lebih banyak tentang bahasa Arab dengan cara online silahkan simak tips dari Abimuda berikut ini.

Ikut Bergabung Dengan Komunitas Belajar Bahasa Arab Online

Ada banyak komunitas yang bisa anda gunakan untuk belajar bahasa Arab. Mulai dari grup WhatsApp, BBM, Facebook hingga Skype yang memungkinkan kita bertatap muka secara langsung dengan guru dan peserta lain.

belajar arab online
Halaman dan Grup Bahasa Arab Online di FB

Anda bisa cari grup-grup tersebut melalui googling (searching) atau bisa tanya-tanya temen. Jika anda penggunakan facebook anda bisa memilih grup yang memungkinkan anda untuk saling bertanya dan berbagi. Tapi tidak ada salahnya juga anda meLIKE fanpage yang menurut anda bagus dan selalu update artikel secara rutin.

Belajar Bahasa Arab Lewat Youtube

Bagi anda yang memiliki koneksi internet yang kenceng plus kuota internet yang cukup. Anda dapat memanfaatkan youtube untuk belajar bahasa arab online. Namun sebaliknya bagi anda yang memiliki akses internet yang buruk dan terbatas mungkin hanya bisa gigit jari untuk merasakan nikmatnya belajar di depan cenel yuotube. (He he ... Tetap semangat !!)

Yufid.EDU


Anda banyak cenel youtube yang menampilkan pembelajaran bahasa Arab yang bagus dan sangat lengkap. Salah satunya yang saya nilai paling gencar dan rutin mengupload video adalah Yufidz TV. Cenel ini menampilkan pembelajaran Nahwu dan Shorf dengan menggunakan bahasa pengantar Indonesia yang menurut saya sangat lugas serta mudah difahami. Sangat cocok bagi anda para pemula atau yang sudah tahap lanjut sekalipun.

Manfaatkan Fasilitas Chat untuk Mengobrol dengan Orang Arab

Untuk sebagian orang memiliki kegemaran mengobrol dengan teman lewat dunia maya. Bahkan tak jarang ada yang menghabiskan waktu seharian hanya untuk berchating ria dengan teman dekat atau siapa saja yang dianggap asyik diajak untuk mengobrol.

Nah tidak ada salahnya anda gunakan kebiasaan ini untuk melatih bahasa Arab anda. Anda bisa ajukan pertemanan kepada orang-orang Arab dan memulai chat dengan mereka. Tapi sebaiknya anda cari teman yang sama jenis saja untuk menjaga agar tidak terjadi fitnah.

Jangan lupa juga sebelum anda chat lebih jauh, anda sampaikan ke lawan chating bahwa anda adalah orang non Arab dan hanya bisa berbahasa Arab baku (fushah). Hal ini untuk menanggulangi agar orang Arab yang kita ajak ngobrol tidak menggunakan bahasa Arab Aamiyah (logat daerah) sangat sulit untuk kita fahami.

Instal Aplikasi Bahasa Arab

Jika anda pemakai smartphone anda dapat menginstal beberapa fitur atau aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Arab. Baik itu aplikasi yang dapat dijalankan secara offline atau aplikasi online seperti google translite.

Anda juga tentunya butuh menginstal keyboard Arab  baik di komputer maupun smartphone. Hal ini akan memudahkan anda saat ingin menulis huruf arab ketika chatting atau aktifitas online lainnya yang berkaitan dengan bahsa Arab.

Mengunjungi Situs Berbahasa Arab

Tidak ada salahnya jika sesekali anda mencoba mengunjungi situs berbahasa Arab. Walaupun mungkin anda belum bisa 100% menangkap apa yang disajikan dalam situs tersebut tapi setidaknya ini akan memberikan stimulus dan motifasi agar anda giat belajar bahasa Arab. Selain itu anda juga bisa mengukur sejauh mana penguasaan bahasa Arab anda.

Cari Kata-kata Sulit dengan Kamus Online

Banyak sekali kamus online yang bertebaran di jagad maya. Salah satu yang paling terkenal adalah kamus besutan google yaitu google translate. Anda bisa gunakan kamus ini untuk membantu anda memahami kata-kata bahasa Arab yang menurut anda sulit.

Untuk akurasinya sendiri menurut saya bisa sampai 90% - 100% jika digunakan untuk pencarian perkata atau satu kalimat. Namun jika untuk menerjemahkan satu perparagraf atau halaman maka akurasinya pun bisa berkurang hingga tingal 60% - 80% saja.  Tapi jangan hatir, anda bisa cek kebenaran terjemahannya dengan beberapa tips yang telah  Abimuda tulis di artikel Tips Cara Menerjemahkan Bahasa Arab dengan Goole Translate

Nah mudah bukan Tips Cara Belajar Bahasa Arab Online Untuk Pemula yang Abimuda berikan ? Sekarang maju tidaknya proses belajar bahasa Arabnya tergantung anda sendiri. Semakin rajin anda menerapkan tips di atas maka dengan izin Alloh semakin baik dan cepat pula anda menguasai bahasa Arab. Selamat mencoba !