5 Buku Bahasa Arab Terbaik Untuk Pemula

Advertisement
Memilih buku pelajaran bahasa Arab yang tepat untuk para pemula merupakan salah satu kiat sukses dalam belajar bahasa Arab. Terlebih bagi anda yang ingin belajar intensif, kehadiran buku panduan tentunya menjadi sebuah kewajiban mutlak yang tidak bisa ditolerir. Baca: Cara Mudah dan Cepat Belajar Bahasa Arab Untuk Pemula

Dewasa ini, seiring dengan meningkatnya jumlah peminat bahasa Arab. Para ilmuan dan akademisi mulai mengembangkan berbagai modul ataupun buku pegangan belajar Arab. Mulai yang berbahasa Arab ataupun yang menggunakan bahasa Ibu (asli) sebagai bahasa penyampaian.

Namun dari sekian buku yang ada, buku yang menggunakan bahasa Arab langsung sebagai bahasa penyampai menurut saya lebih baik ketimbang yang menggunakan bahasa lainnya. Dan dari sekian buku yang ada, kami pilihkan 5 Buku Bahasa Arab Terbaik Untuk Pemula berikut ini

Silsilah Arabiyah Baina Yadaik

Merupakan buku pelejaran Bahasa Arab yang diterbitkan oleh Arabiyah Lil Jami’ yang berpusat di Riyadh,Saudi Arabiya. Buku ini cukup praktis dan sistematis dengan metodelogi moderen yang merangkum empat keterampilan bahasa sekaligus dalam setiap jilid dan marhalah.
Silsilah Arabiyah Baina Yadaik terdiri dari empat marhalah; Muptadi’( pemula: 2 jiid), Mutawasith (menengah: 2 jiid), Mutaqodim (lanjutan:2 jiid) dan Mutamayyiz (mahir:2 jilid). 

buku bahasa arab pemula


Durusul Lughoh Al Arobiyah

Buku yang di karang oleh Dr.V. Abdur Rahim ini merupakan buku panduan bahasa Arab yang di terbitkan oleh Universitas Islam Madinah. Buku ini terbilang buku lama namun cukup teruji efektifitasnya dalam mempermudah para pelajar memahami dasar-dasar bahasa Arab. Terdiri dari tiga jilid dengan tingkat kesulitan yang berfariasi sesuai marhalah.
 

Silsilah Ta’lim Al Lughoh Al Arabiyah

Merupakan sisilah yang menurut saya paling lengkap sekaligus paling banyak macamnya. Silsiah ini diterbitkan oeh Universitas Imam Muhammad bin Su’ud Al Islamiyah dan diajarkan di ma’ahid cabang dari universitas tersebut dan ma’ahid lain semisal ma’ahid di yang berada di bawah naungan AMCF. Disusun untuk empat mustawa dan terdiri dari belasan judul seperti Nahwu, Shorf, Ta’bir, Qiro’ah, adab, baloghoh dan lain sebagainya .


Al Arobiyah Lin Naasyiin.

Merupakan sisilah yang ditulis oleh Mahmud ismail Shini dan merupakan salah satu buku yang telah disusun sacara sistematis dan mengedepankan pengembanagan empat kemampuan dasar bahasa yaitu maharotul kalam, kitabah, istima’dan qiroah. Terdiri dari 6 jiid dan telah banyak dijadikan bahan ajar baik secara intensif maupun non intensif di berbagai universitas dan Ma’ahid.

Durusu Lughoh Al Arabiyah Gontor

Ini bisa dibiang buku pusakanya gontor. Buku ini sudah bertahun-tahun dan turun temurun diajarkan di Kuliatul Mu’alimin Islamiyah (KMI) Pondok Modern Gontor dan pondok-pondok pesantren alumninya. Ditulis oleh Imam Zarkasi dan Imam Syubani dan diperuntukkan untuk para pemula dalam belajar bahasa Arab.
durusul lughoh gontor

Demikian 5 Buku Bahasa Arab Terbaik Untuk Pemula yang paling kami rekomendasikan sebagai teman belajar anda. Tapi jangan lupa bahwa buku diatas menggunakan bahasa Arab sehingga dibutuhkan seorang guru sebagai pendamping.