Thursday, 29 August 2019

Macam-Macam Jenis Jaringan Tumbuhan dan Fungsinya

Jaringan ialah sekelompok sel yang memiliki fungsi dan juga struktur yang sama. Pada permulaan pembentukan tumbuhan, semua sel akan membelah diri akan tetapi pada tah selanjutnya hanya jaringan embrionik-lah yang dapat membelah diri. Jaringan embrionik sendiri merupakan jaringan meristem yang selalu membelah diri, jaringan ini akan terus tumbuh dan membentuk jaringan jaringan lainnya, kemudian jaringan jaringan yang sudah terbentuk tersebut tidak mempunyai kemampuan untuk membelah diri lagi, jaringan ini disebut dengan jaringan dewas.

Macam Macam Jenis Jaringan


1. Jaringan Meristem atau Embrionik

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa jaringan meristem merupakan sekelompok sel yang aktif untuk terus membelah diri dan membentuk jaringan jaringan lainnya.

Dalam pembelahan sel jaringan, sebagian sel sel tersebut akan tetap berada di Meristem, sel sel jaringan ini kemudian dikenak dengan sel permulaan atau inisial. Sedangkan pada sel baru yang diganti kedudukannya oleh sel Meristem kemudian disebut dengan derivatif atau sel turunan.
Jaringan Meristem sendiri berdasarkan asal terbentuknya memiliki tiga macamnya. Berikut ini macam macam jaringan meristem berdasarkan asal terbentuknya.

- Meristem Primer
Jaringan ini merupakan jaringan yang memiliki peran dalam membuat tumbuhan semakin tinggi. Meristem Primer merupakan jaringan dewasa yang masih aktif untuk terus membelah diri.

- Meristem Sekunder
Contoh dari jaringan ini ialah kambium, yaitu suatu jaringan yang sudah mengalami diferensiesi dan juga spesialisasi.

- Prometistem
Jaringan ini merupakan jaringan yang telah ada semenjak tumbuh masih dalam embrio.

Sedangkan ada pula macam macam jaringan meristem berdasarkan letaknya. Berikut ini macam macamnya.

- Meristem Apikal
Jaringan Meristem ini merupakan jaringan yang memiliki peran dalam pertumbuhan dan pemanjangan akar atau batang, hal ini lantaran letak jaringan ini berada pada akar dan juga batang. Adapun proses dari perkembangan dan pemanjangan ini menghasilkan tunas apikal yang kemudian menjadi cabang samping pada sebuah tanaman.

- Meristem Interkalar
Jaringan ini memiliki peran dalam pertumbuhan bunga. Jaringan meristem Interkalar sendiri terletak diantara jaringan meristem primer dan juga dewasa.

- Meristem Lateral
Jaringan ini sering disebut pula Kambium, yaitu suatu jaringan meristem yang menghasilkan pertumbuhan sekunder. Dari pertumbuhan jaringan ini sendiri akan menghasilkan dua jaringan kambium yaitu kambium gabus dan juga kambium vaskuker.

2. Jaringan Permanen

Jaringan Permanen merupakan jaringan yang sudah tidak mengalami pembelahan sel sel lagi, jaringan ini telah mengalami diferensiesi.

Adapun jenis jenis dari jaringan permanen ialah berikut ini.

- Jaringan Epidermis
Jaringan Epidermis juga disebut sebagai jaringan pelindung, hal ini karena jaringan Epidermis memiliki fungsi untuk melindungi tumbuhan dari lingkungan luar yang akan merugikan bagi tumbuhan.

Adapun ciri-ciri dari jaringan Epidermis yang ada di tumbuhan ialah berikut ini.


  1. Memiliki sel sel yang rapat sehingga tidak ada ruang diantar sel sel tersebut
  2. Jaringan ini tidak memiliki klorofil
  3. Dinding sel pada Epidermis luar akan mengalami penebalan, sedangkan pada dinding sel Epidermis bagian dalam tetap tipis
  4. Jaringan ini mengalami modifikasi menjadi stomata, sel kresik, sel kipas, trikomata, spina dan juga velamen


- Jaringan Parenkim atau Dasar
Jaringan Parenkim merupakan jaringan dasar yang ada dihampir seluruh bagian tumbuhan. Jaringan ini memiliki ciri-ciri berikut ini.


  1. Memiliki banyak ruang antar sel yang berguna untuk pertukaran oksigen
  2. Memiliki dinding sel yang tipis dan juga memiliki Vakuola besar yang berguna untuk menyimpan makanan
  3. Letak dari jaringan ini mendekati pada dasar sel

Jaringan Parenkim juga dibedakan menjadi beberapa bagian macam yaitu Parenkim Air, Parenkim Penimbun, Parenkim Asimilasi, Parenkim Udara dan juga Parenkim Penutup Luka.

Related Post


EmoticonEmoticon