Wednesday, 18 January 2017

3 Alasan Mengapa Sosiologi Disebut Sebagai Ilmu Pengetahuan

Pernahkah kamu mendengar ungkapan "Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan" ? Dan tahukan kamu syarat sebuah kajian dapat kita sebut dengan ilmu pengetahuan ? Mari simak pembahasannya berikut ini

Tidak diragukan lagi bahwa sosiologi merupakan suatu ilmu. Pernyataan tersebut setidaknya didukung oleh beberapa hal yaitu: 

1. Memiliki objek kajian

Objek kajian sosiologi adalah fenomena sosial secara umum. Dengan demikian, sosiologi tidak terfokus pada bidang-bidang kajian yang spesial seperti ilmu hukum, ilmu
ekonomi, ilmu politik, sejarah, antropologi, dan lain sebagainya. 

2. Memiliki metode ilmiah

Secara singkat dapat dikatakan bahwa metode ilmiah merupakan seperangkat langkah-langkah yang disusun secara sistematis guna:
a. Menggali data yang diperlukan dalam suatu penelitian,
b. Menganalisis data penelitian,
c. Menginterpretasikan data penelitian, dan
d. Mengambil kesimpulan dalam sebuah penelitian ilmiah.

3. Memiliki masyarakat ilmiah

Masyarakat ilmiah merupakan sekumpulan orang yang menggeluti disiplin ilmu tertentu untuk mempelajari dan sekaligus mengembangkan bidang keilmuan sesuai dengan
disiplin ilmu yang dipilih. Tidak sedikit tokoh yang memilih sosiologi sebagai disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam sehingga memunculkan sosiolog-sosiolog yang menciptakan masyarakat ilmiah tersendiri.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa objek kajian sosiologi adalah fenomena sosial secara umum. Oleh karena itu, sosiologi merupakan bagian dari
ilmu pengetahuan sosial. Adapun posisi sosiologi dalam keseluruhan ilmu pengetahuan  dapat diperhatikan dalam bagan berikut ini:



Objek kajian sosiologi yang merupakan fenomena sosial secara umum  memungkinkan berkembangnya beberapa cabang dalam disiplin ilmu sosiologi, di antaranya adalah:
a. Sosiologi Agama, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari
f enomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku beragama.
b. Sosiologi Politik, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku berpolitik.
c. Sosiologi Pendidikan, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku pendidikan.
d. Sosiologi ekonomi, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku ekonomi.
e. Dan lain sebagainya.

Sumber:
Wida Widiyanti, BSE  Sosiologi 1 : untuk SMA dan MA Kelas X, Departemen Pendidikan Nasional, 2009

Related Post


EmoticonEmoticon