Wednesday, 30 July 2014

Tindakan P3K Untuk Korban Pinsan

Pinsan merupakan keadaan di mana seseorang tidak sadarkan diri. Ha ini biasanya bisa terjadi lantaran beberapa penyebab seperti terkejut, perut kosong atau lapar, kehausan, kekurangan darah, rasa sakit yang berlebihan dan lain-lain.




Berikut tindakan P3K yang umum dilakukan ketika anda mendapati orang yang pinsan:
  1. Perhatikan muka korban. Jika mukanya memerah maka segeralah ambil bantal atau benda lain dan posisikan kepala lebih tinggi daripada badannya.
  2. Sebaliknya,jika muka korban terlihat pucat maka posisikan kepala lebih rendah dari badannya.
  3. Untuk memperlancar aliran darah, longgarkanlah pakaian atau ikat pinggangnya.
  4. Bawa ke tempat yang teduh dan cukup udara serta hindarkan dari kerumunan orang.
  5. Ambilah minyak angin, amoniak atau sejenisnya dan  dekatkanlah ke hidungnya. Bau dari benda-benda ini bisa membantu untuk  segera menyadarkan korban.
  6. Bila pinsan diikuti denan muntah, maka miringkanah kepaanya untuk mempermudah keluarnya muntahan dan mencegahnya masuk ke dalam rongga pernapasan.
  7. Bila korban meminta minum padahal ia belum bisa memegang gelas sendiri atau belum bisa mengangkat gelas ke mulutnya, maka sebaiknya jangan diberi terebih dahulu.
  8. Kopi panas konon baik untuk menyegarkan orang pinsan.

Nah itu tadi beberapa tindakan yang bisa anda ambil jika melihat kawan atau orang lain pinsan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.Bagi yang menambahkan, di tunggu comentnya.



Related Post


EmoticonEmoticon