Inilah Fungsi dan Peran Bahasa Sebagai Alat Komunukasi

Advertisement
Seperti yang telah sobat abimuda ketahui bahwa fungsi bahasa sebagai alat komunikasi adalah suatu alat untuk melakukan komunikasi antara anggota masyarakat yang berupa simbul bunyi, yang telah dihasilkan dari alat-alat ucap manusia. Sedangkan tujuan dari bahasa itu adalah untuk menyampaikan maksud hati atau sebuah keinginan kepada lawan bicaranya atau orang lain.

Melalui bahasa itulah, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tatakrama masyarakat dan  mudah membaurkan diri kepada masyarakat lain atau budaya lain.

Apa Fungsi dan peran bahasa sebagai alat komunikasi ?

Inilah Fungsi dan Peran Bahasa Sebagai Alat Komunukasi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa bahasa merupakan suatu alat komunikasi antara sesama manusia dengan simbol bunyi, dan bunyi tersebut telah dihasilkan oleh alat ucap manusia ataupun alat-alat yang dibuat oleh manusia seperti kentongan atau pun beduk.

Selain itu, bahasa juga merupakan alat untuk mengekspresikan diri dan juga merupakan alat untuk menunjukkan identitas diri. Melalui bahasa inilah kita dapat menunjukan siapa diri kita sudut pandang kita, pemahaman kita, atas suatu hal, asal usul bangsa dan negara kita, pendidikan bahkan karakteristik kita.
Dapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan alat untuk cerminan diri baik sebagai bangsa maupun diri sendiri. Oleh karena itulah, supaya sebuah komunikasi dapa terjadi dengan lancar dan baik maka pihak pengirim bahasa harus menguasai bahasanya. Jika tidak,maka pembicaraan akan terasa kaku dan tidak nyambung.

Bahasa sebagai alat komunikasi tentu memiliki tujuan tertentu yakni:
Supaya kita dapat dipahami oleh orang lain, yang menjadi lawan bicaranya, jadi dalam hal ini respon dari pendengar atau lawan bicara kita dapat mencerna apa yang kita sampaikan dengan baik.
Bahasa sebagai alat komunikasi tentu untuk merumuskan suatu maksud diri kita. Dengan melakukan komunikasi tentu kita dapat menyampaikan semua yang telah kita rasakan, pikirkan, dan ketahui kepada orang lain.

Selain itu, dengan melakukan komunikasi yang baik maka kita akan dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah didapatkan atau diraih oleh para nenek moyang kita  dan pastinya apa yang telah diraih juga oleh orang-orang yang hidupnya sezaman dengan kita.

Sebagai alat komunikasi bahasa dapat dijadikan sebagai alat untuk berkomunikasi melalui lisan, tulisan, alat-alat bantu lainnya.

Bahasa sebagai alat komunikasi dengan lisan yakni hasil ucap manusia yang disimbulkan dengan bunyi, yakni pada setiap simbul bunyi memiliki cirikhas tersendiri, yakni suatu simbul yang terdengar sama ditelinga kita, tetapi memiliki makna yang jauh berbeda.

Sedangkan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi melalui tulisan, yakni dihasilkan oleh simbul yang tidak menghasilkan bunyi. Bisa dikatakan sebagai bahasa diam.

Sementara itu, fungsi bahasa sebagai alat komunikasi melalui alat-alat bantu bisa berupa kentongan, tangan, dan lain sebagainya. Seperti misalnya kentongan, bisa dijadikan alat komunikasi dalam bahasa indonesia, yakni apabila kentongan dipukul tiga kali maka menandakan ada berita lelayu atau orang yang meninggal dunia, apabila kentongan dipukul sebanyak tujuh kali, maka ada kejadian lain seperti ada maling, dan peristiwa-peristiwa yang lain.

Tentu kentongan inilah yang dijadikan alat komunikasi sebelum ada alat teknologi.
Itulah tadi pembahasan tentang bahasa sebagai alat komunikasi. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat abimuda.com dimana pun berada.