Fungsi Bahasa Secara Umum dan Khusus

Advertisement
Jika kita ditanya apa fungsi bahasa kehidupan kita sehari-hari ? Mungkin kita akan langsung menjawab bahwa bahasa adalah alat berkomunikasi anatara indifidu. Dengan kata lain bahasa adalah alat untuk kita bercakap-cakap dengan lawan bicara sehingga terjalin saling memahami satu sama lain.

Namun tahukah anda, bahwa bahasa memiliki fungsi lain di luar fungsi umum yang telah disebutkan di atas. Ada beberapa fungsi khusus bahasa yang perlu kamu ketahui pula.

Fungsi Bahasa Secara Umum dan Khusus

Pengertian Bahasa

Seperti biasa sebelum saya mengulas lebih jauh lagi tentang fungsi bahasa secara umum dan khusus, akan saya uraikan terlebih dahulu pengertian dari bahasa itu sendiri. Hal itu tak lain untuk memudahkan sobat abimuda dalam mempelajari materi ini secara utuh.

Menurut Bill Adams mengatakan bahwa bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi indifidu, sedangkan Wittgenstein menyebutkan bahwa pengertian bahasa adalah sebuah bentuk pemikiran yang dapat dipahami, sementara itu, menurut Saussure menyatakan bahwa definisi dari bahasa adalah objek dari semiologi.

Itu tadi menurut beberapa ahli, sedangkan pengertian bahasa menurut umum bahasa adalah sebuah alat untuk melakukan komunikasi atau interaksi dalam menyampaikan suatu gagasan atau pikiran, konsep maupun perasaan yang digunakan oleh seorang manusia, yang berupa bunyi, yang telah dihasilkan oleh alat kecap manusia.

Bahasa telah diciptakan suatu alat komunikasi universal yang diharapkan dapat dimengerti oleh setiap manusia untuk melakukan suatu hubungan sosial dengan manusia yang lain. Bahasa ini merupakan sesuatu yang terdiri dari beberapa kumpulan kata atau kalimat yang dari masing-masing susunan kata memiliki makna untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, atau perasaan seseorang.

Fungsi Bahasa Secara Umum

Fungsi bahasa secara umum adalah untuk melakukan komunikasi antar indifidu ataupun antar kelompok, bahasa juga sebagai alat pemersatu  dari sekian banyaknya suku dan budaya. misalnya, bahasa indonesia dengan bentuk negara yang berpulau-pulau sehingga banyak bermunculan bahasa daerah sehingga orang indonesia menggunakan bahasa indonesia sebagai alat komunikasi supaya dapat mengerti satu sama lain yang dapat mempersatukan mereka dimana pun berada.

Selain itu, bahasa juga sebagai petunjuk dari status pendidikan seseorang, karakteristik seseorang dan kesejahteraan suatu kelompok.

Fungsi Bahasa Secara Khusus

Menurut Sumiati Budiman seorang ahli mengatakan bahwa fungsi bahasa dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, di antaranya adalah:

1. Fungsi praktis
Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi dan interaksi antar anggota masyarakat dalam pergaulan hidup sehari-hari.

2. Bahasa dalam fungsi budaya atau kultural
Bahasa telah digunakan untuk menyimpan, menyebarkan dan mengembangkan kebudayaan.

3. Bahasa sebagai fungsi artistik
Bahasa telah digunakan sebagai alat untuk menyampaikan rasa estetis atau keindahan manusia melalui seni sastra.

4. Bahasa sebagai fungsi edukatif
Bahasa telah digunakan sebagai alat untuk menyampaikan dan mengambangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5. Bahasa sebagai fungsi politis
Bahasa digunakan sebagai alat untuk mempusatkan bangsa dan untuk menyelenggarakan adminitrasi pemerintahan

6. Fungsi sebagai ekspresi diri
Bahasa telah dijadikan sebagai alat untuk mengekspresikan segala perasaan manusia, sehingga dengan begitu manusia mengerti akan ekspresi orang lain.

Itulah tadi pembahasan tentang fungsi bahasa secara umum dan khusus. Semoga ulasan yang singkat ini dapat memberi wawasan baru bagi sobat abimuda dimana pun berada.