Fungsi dan Peran Bahasa Sebagai Bahasa Negera atau Bahasa Nasional

Advertisement
Salah satu fungsi khusus bahasa Adalah sebagai bahasa negara atau bahasa nasional. Contoh ringannya adalah bahasa Indonesia. Sebagai sebuah bahasa, Bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi sekaligus sebagai bahasa republik bahasa indonesia dan juga sebagai bahasa persatuan bangsa indonesia.

Yang awal mulanya adalah adanya peristiwa kongres pemuda I yang telah dislenggarakan selama dua hari yakni pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di kota Batavia, yang sekarang telah berganti menjadi Jakarta, hasil dari kongres pemuda I atau sumpah pemuda itu adalah:
  • Kami putra dan putri indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu tanah air indonesia.
  • Kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia.
  • Kami Putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan yakni bahasa indonesia.
Fungsi dan Peran Bahasa Sebagai Bahasa Negera atau Bahasa Nasional

Dari adanya sumpah pemuda itulah telah menandakan bahwa bahasa indonesia adalah suatu bahasa pemersatu bangsa.

Fungsi dan peranan bahasa sebagai bahasa nasional atau negara
Fungsi bahasa sebagai bahasa nasional atau negara memiliki 4 aspek, di antaranya adalah:

1. Bahasa  sebagai lambang kebangsaan nasional.

Suatu bahasa dapat menjadi kebanggaan lambang negara yakni suatu bahasa yang memiliki nilai-milai sosial, budaya luhur suatu bangsa. Dengan adanya nilai yang ada dalam suatu bahasa tentu menjadi sebuah cermin bangsa bangsa indonesia.

Oleh karena itulah, kita sebagai warga indonesia haruslah berbangga dengan bahasa yang ada sekarang ini, wajib menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta mengamalkan nilai-nilai tersebut dengan sebaik-baiknya.

2. Bahasa sebagai identitas nasional.
Fungsi bahasa  sebagai identitas nasional artinya bahwa suatu bahasa  dapat menunjukan identitas kewarganegaraan seseorang dan juga dapat membedakan dengan negara yang lain berupa:  karakteristik, kepribadian, watak sebagai bangsa  itu sendiri.

3. Bahasa sebagai alat pemersatu bangsa
Bahasa berfungsi sebagai alat untuk pemersatu seluruh elemen bangsa. Khususnya bagi bangsa yang begitu majemuk seperti  masyarakat indonesia yang memang beragam baik dari sosial, budaya, maupun bahasa.  Disinilah peran bahasa yang dapat menjadikan masyarakat bersatu dalam satu kebangsaan, yang memiliki cita-cita, rasa senasip dan sepenanggungan yang sama.

4. Bahasa  sebagai penghubung antar budaya dan daerah.
Fungsi bahasa  sebagai penghubung antar bangsa dan daerah adalah suatu bahasa yang dapat mengenalkan budaya orang lain. Hal itu dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.
Oleh karena itulah, dengan bahasa indonesia kita dapat melakukan komunikasi dalam segala bidang kehidupan. Baik secara pribadi maupun pemerintah.

Itulah tadi pembahasan entang funsi dan peran bahasa sebagai bahasa nasional atau negara. Semoga dapat memberi refrensi bagi sobat abimuda semua.