Pengertian dan Perbedaan Sel Prokariot dan Eukariot

Advertisement
Prokariot dan Eukariot  merupakan penggolongan makhluk hidup berdasarkan ada dan tidak adanya memberan inti. Organisme prokariot merupakan organisme yang tidak memili memberan inti, sedangkan organisme Eukariot adalah organisme yang memiliki memberan inti.

Organisme prokariot merupakan organisme yang tidak memili memberan inti.
Organisme Eukariot adalah organisme yang memiliki memberan inti.


Apa itu memberan inti... ? Memberan iti adalah selaput yang membungkus inti sel (nukleus) dan memberikan sekat antara nukleus dengan sitoplasma. Selaput ini bisa kita sebut juga dengan istilah membran nukleus.

Pada organisme dengan sel prokariot tidak di dapati membran inti. Yang artinya inti sel atau nukleus tidak terbungkus sehingga dapat  kontak langsung dengan protoplasma. Kebanyakan organisme yang memiliki sel prokariot adalah organisme bersel satu (monoselfer/uniselfer) seperti bakteri, protozoa, ganggang biru dan ganggang hijau. Walaupun ada pula organisme bersel banyak (multiseluler) yang tergolong prokariot.

Adapun pada organisme dengan sel eukariot inti sel terbungkus oleh memberan inti. Dan rata-rata jenis organisme dengan sel eukaroit merupakan golongan multiseluler atau ber sel banyak seperti hewan dan tumbuhan.

Perbedaan Struktur Prokariot dan Eukariot

Struktur Sel Prokariot berbeda dengan struktur eukariot, perhatikan tabel berikut:

Tabel Perbedaan prokariotik dan eukariotik | Sumber: Sains Biologi SMP Erlangga
Nah sekarang sudah mengerti bukan apa itu Prokariotik dan Eukariotik ? Nah kira-kira manusia masuk pada golongan mana ya ? Prokariotik dan Eukariotik ? Oke ... dicari tahu sendiri ya.