Mengenal Mikroskop Beserta Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakan Mikroskop

Advertisement
Fungsi Mikroskop adalah untuk melihat dan mengamati mikroorganisme yang memiliki ukuran yang sangat kecil dan tidak bisa kita lihat dengan kasat mata tanpa alat. Dengan mikroskop kita bisa melihat objek tampak lebih besar saribu bahkan sejuta kali lebih besar dibandingkan ukuran aslinya.

Mikroskop untuk pertama kalinya ditemukan pada tahun 1600-an oleh seorang ilmuan bernama Anton van Leeuwenhook. Dan sampai saat ini, hasil penemuan jenius ini telah banyak memberikan manfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada cabang-cabang ilmu biologi .

Bagian-bagian Mikroskop

Pada hari, mikroskop memiliki banyak bentuk dan jenis. Sehingga bagiannyapun akan berbeda satu sama lain. Namun kali ini kita akan mengenal bagian-bagian mikroskop yang paling lazim digunakan untuk keperluan disekolah dan lebih mudah ditemukan, yaitu mikroskop cahaya:


bagian mikroskop
Gb. Mikroskop Cahaya | By. Wikipedia
  1. lensa okuler
  2. lensa objektif
  3. lensa objektif yang lain
  4. pengatur fokus (Makrometer)
  5. pengatur fokus secara halus (Mikrometer)
  6. papan letak objek/sampel/preparat 
  7. sumber cahaya
  8. kondensor cahaya
  9. penjepit sampel
     

Jenis-Jenis Mikroskop

macam macam mikroskop
Berbagai bentuk dan Jenis Mikroskop

 A. Jenis Mikroskop Menurut Jumlah Lensanya

Menurut jumlah lensanya mikroskop bisa kita bagi menjadi dua, yaitu:
  • Mikroskop lensa okuler, yaitu mikroskop dengan lensa tunggal yang meruoakan mikroskop generasi pertama.
  • Mikroskop multi-lensa, yaitu mikroskop yang memiliki lensa lebih dari satu. Mikroskop ini merupakan hasil pengembangan mikroskop generasi pertama dan merupakan mikroskop yang lazim kita gunakan pada hari ini

B. Jenis Mikroskop Menurut Sumber Cahaya
Menurut sumber cahayanya mikroskop juga dapat kita kelompokkan ke dalam dua jenis:
  • Mikroskop Cahaya. Mikroskop yang mempunya nama lain "Compound light microscope" merupakan mikroskop yang memanfaatkan pantulan cahaya matahari atau lampu untuk pencahayaan. Mikroskop ini memiliki tiga lensa utama yaitu lensa objektif, lensa okuler dan juga lensa kondesor. Dengan mikroskop ini kita mampu melihat objek seribu kali lebih besar dari ukuran aslinya. 
  • Mikroskop Elektron. Merupakan mikroskop yang menggunakan elektro statik dan elektro magnetik sebagai pengontrol pencahayaan dan tampilan gambar. Mikroskop ini memiliki kemampuan yang lebih besar dibandingkan mikroskop cahaya. Mikroskop Elektron mampu memperbesar penampakkan sebuah objek satu juta kali lebih besar dari ukuran sebenarnya.
C.Jenis Mikroskop Berdasarkan Tingkat Kerumitan Objek
Berdasarkan tingkat kerumitan objek yang diamati, mikroskop dibagi menjadi dua:
  • Mikroskop sederhana. jenis yang satu ini umumnya digunakan di laboratorium sekolah.
  • Mikroskop Riset, merupakan jenis mikroskop yang digunakan para ahli dalam penelitian.
Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis mikroskop yang sesuai bentuk dan kegunaannya. Seperti mikroskop pender, mikroskop digital, mikroskop ultraviolet, mikroskop medan gelap dan lainnya.

Cara Penggunaan Mikroskop untuk Mengamati Benda

Untuk mengamati sebuah benda dengan menggunakan mikroskop diperlukan beberapa langkah, di antaranya:
  1. Letakkanlah mikroskop di atas meja pengamat kemudian pasang lensa okuler dengan perbesaran lemah. Kita tentukan saja perbesaran 5 kali
  2. Angkat badan mikroskop dengan memutar makrometer ke arah belakang.
  3. Geser pemutar lensa dan posisikan lensa objektif dengan perbesaran lemah segaris dengan arah datangnya cahaya. Pada praktik kali ini kita mencoba menggunakan lensa objektif dengan perbesaran lemah yaitu 10 kali. Sehingga diperoleh perbesaran bayagan 10 X 5 = 50 kali
  4. Naikkan kondensor setinggi mungkin dan buka diagfragma agar cahaya dapat masuk ke kondensor semaksimal mungkin
  5. Putar cermin ke arah sumber cahaya. Namun perlu diingat, pada proses ini jangan gunakan sumber cahaya mata hari langsung.
  6.  Letakkan kaca benda atau sediaan di atas lubang meja mikroskop
  7. Putar krometer ke arah denpan sehingga lensa objektif dapat mendekat dan berada tepat di atas sediaan
  8. Amati sediaan dengan meletakkan salah satu mata melalui lubang lensa okuler. Putar-putarlah makrometer sehingga mendapatkan bayangan yang jelas.
Nah demikian pengenalan tentang mikroskop ditinjau dari sejarah penemuannya, fungsi, jenis dan cara menggunakan mikroskop. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian.