Pengertian Benda Ekonomi, Benda Bebas, dan Benda Illith

Apa pengertian benda ekonomi, benda bebas, dan benda ilith ? Ketiga istilah tersebut merupakan jenis-jenis benda kebutuhan dilihat dari kelangkaannya. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu.
1) Benda Ekonomi
Benda ekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kebutuhan manusia dan untuk mendapatkannya memerlukan pengorbanan tertentu. Contohnya, untuk memperoleh baju, kita harus membelinya di toko baju. Kesediaan mengeluarkan uang untuk membeli baju di toko merupakan suatu pengorbanan. Masih banyak lagi contoh yang dapat anda temukan di lapangan, baik yang tergolong dalam kebutuhan primer atau sekunder.
2) Benda Bebas
Benda bebas atau benda nonekonomi adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya melimpah sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengorbanan tertentu. Contohnya, air, udara, sinar matahari, dan lain-lain. Air termasuk benda bebas karena dapat digunakan tanpa dipungut biaya, namun air akan menjadi benda ekonomi bila dikemas dalam kemasan tertentu sehingga untuk mendapatkannya diperlukan biaya.

3) Benda Illith
Benda illith adalah benda pemuas kebutuhan yang jumlahnya sangat berlimpah, sehingga cenderung merugikan kehidupan manusia. Contohnya, air. Air dapat menjadi
benda ekonomi dan benda bebas, serta juga dapat menjadi benda illith. Dikatakan menjadi benda illith apabila jumlahnya sangat banyak dan akan menyebabkan banjir sehingga dapat membahayakan hidup manusia.
Demikian pengertian benda ekonomi, benda bebas, dan benda illith. Contoh-contohnya pasti sering kita temukan di kehidupan nyata, walaupun seringkali kita tidak pernah tahu istilah-istilahnya.