Pendekatan Geografi, Aspek Geografi dan Gejala Geografi dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Geografi sebagai sebuah ilmu pastilah memilikipendekatan, aspek dan gejala. Hal ini adalah sebagai salah satu bukti bahwa geografi adalah ilmu yang luas.

Pendekatangeografi

Sejak jaman yunani sampai sekarang ini pendekatan dalam geografi terus mengalami perubahan. Hal itu karena adanyaperubahanjaman, perkembangan ilmu filsafat, dan adanyaperdebatan antaraahli yang satu dengan lainnya.

Menurut Pattison, ada 4 macam pendekatan dalam geografi, yaitu:

  1. Tradisi Keruangan,
  2. Tradisi studi wilayah,
  3. Tradisi hubungan yang terjadi antara manusia dengan alam yang ada di sekitarnya,
  4. Tradisi ilmu tentang bumi.

Keempat macam pendekatan itulah yang sering digunakan oleh para ahli geografi untuk mempelajari ilmu yang satu ini.

Aspek Geografi

Apa yang dimaksud dengan aspek geografi? Aspek geografi adalah segala sesuatu yang dipelajari dalam ilmu geografi. Untuk itulah aspek geografi menjadi sesuatu yang sangat penting bagi orang yang belajar tentang ilmu ini.

Ada beberapa aspek yang dipelajari dalam geografi, yaitu:

1. Objek material.
Yang dimaksud dengan objek material geografi adalah segala sasaran yang menjadi kajian dalam ilmu geografi.  Sementara objek yang menjadi studi dalam ilmu geografi adalah segala gejala yang terjadi dalam geosfer. Perlu anda ketahui bahwa geosfer itu sangat luas. geosfer meliputi beberapa bagian, yaitu atmosfer, lithosfer, hidrosfer, biosfer, dan antrosfer.

Untuk bisa mempelajari semua hal di atas maka geografi membutuhkan ilmu yang lainnya seperti klimatologi, hidrologi, dan lain sebagainya.

2. Objek formal
Yang disebut sebagai objek formal dalam geografi adalah cara bersikap atau juga cara memandang seseorang terhadap objek material geografi.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam objek formal ini, seperti pola atau gejala tertentu yang terjadi di permukaan bumi, hubungan antara gejala yang terjadi di dalam suatu ruang, dan perkembangan yang terjadi di dalam gejala tersebut.

Gejala geografi dalam kehidupan sehari-hari

Apakah kita sadar dengan adanya gejala geografi yang terjadi di sekitar kita? Adanya hujan, angin, panas, dingin, dan lain sebagainya adalah salah satu gejala geografi.
Ada dua macam gejala geografi itu, yaitu:

  • Gejala fisik. Yang dimaksud dengan gejala fisik dalam geografi adalah kejadian fisik yang ada di bumi. Gejala fisik seperti banjir, tanah longsor, angin, hujan, panas, dan lain sebagainya.
  • Gejala sosial. Manusia memiliki berbagai macam budaya dan kemampuannya. Hal inilah yang membuat adanya gejala sosial dalam geografi. Gejala sosial seperti pengangguran, primordials, kemiskinan, kebodohan, kecerdasan, kesejahteraan, dan lain sebagainya. gejala tersebut tidak terjadi pada fisik tapi sosial.

Itulah pembahasan tentang pendekatan geografi, aspekgeografi, dan gejala geografi. Semoga bermanfaat.