14 Manfaat Sosiologi dalam Kehidupan dan Bermasyarakat

Manfaat Sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

Apa manfaat Sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat ?

Seperti kita ketahui kalau sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang semua aspek kehidupan masyarakat, hubungan antara masyarakat individu dengan kelompok, individu dengan individu, kelompok dengan individu maupun kelompok dengan kelompok.

Sebagai ilmu yang mempelajari segala hal mengenai masyarakat tentulah sosiologi mempunya peranan dan manfaat penting dalam masyarakat itu sendiri.

Diantara manfaat ilmu sosiologi dalam kehidupan masyarakat adalah :

  1. Dengan mempelajari sosiologi, kita akan memperoleh pengetahuan tentang macam – macam karakteristik sosial individu maupun kelompok individu dalam masyarakat.
  2. Sosiologi bermanfat menumbuhkan kepekaan masyarakat terhadap toleransi sosial dalam kehidupan sehari – hari, sehingga akan terwujud masyarakat yang saling mengerti.
  3. Dengan mempelajari sosiologi, kita dapat melihat dengan jelas diri kita baik sebagai individu maupun anggota dalam masyarakat.
  4. Sosiologi membantu setiap masyarakat tentang tempat kita dalam masyarakat maupun budaya lain yang belum diketahui.
  5. Sosiologi membantu masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan tentang berbagai bentuk interaksi masyarakat.
  6. Sosiologi membantu masyarakat untuk mengontrol dan mengendalikan tindakan dan perilaku pada tiap – tiap interaksi masyarakat.
  7. Sosiologi juga diharapkan mampu membuat masyarakat semakin mengerti norma, tradisi, keyakinan, dan nilai – nilai yang dianut oleh masyarakat lain serta mampu memahami perbedaan – perbedaan uang ada pada masyarakat.
  8. Pengetahuan sosiologi bermanfaat untuk menghindari konflik sosial terutama konflik antargolongan, antarsuku, maupun antarras.
  9. Sosiologi bermanfaat untuk menghindari dominasi sosial misalnya: dominasi politik, dominasi ekonomi, maupun dominasi kebudayaan.
  10. Sosiologi juga bermanfaat untuk meningkatkan integritas nasional terutama Indonesia yang memiliki kemajemukan bangsa. Dengan sosiologi diharapkan mampu meningkatkan rasa saling pengertian atar sukubagsa dan kerjasama yang erat diantara unsure – unsure sosial yang berbeda.
  11. Sosiologi sebagai interaksi sosial yang merupakan hubungan – hubungan sosial yang dinamis yang didalamnya menyangkut hubungan antara individu, kelompok maupun individu dengan kelompok.
  12. Sosiologi dalam masyarakat bermanfaat sebagai ahli riset. Para sosiolog melakukan riset ilmiah untuk mencari data tentang kehidupan sosial suatu masyarakat. Dari hasil penelitian tersebut sosiolog harus menghasilkan kebenaran – kebenaran agar dampak dampak negatif dalam masyarakat bisa dihindari.
  13. Sosiologi sebagai konsultan kebijakan, artinya sosiologi dapat membantu memperkirakan pengaruh kebijakan – kebijakan sosial yang mungkin terjadi dalam masyarakat.
  14. Sebagai generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa, sosiologi akan membuat kita lebih tanggap, kritis, dan rasional menghadapi gejala – gejala sosial dalam masyarakat yang semakin kompleks, serta mampu mengambil sikap dan tindakan yang tepat dan akurat terhadap situasi sosial yang dihadapi sehari – hari.

Manfaat Umum Mempelajari Ilmu Sosiologi

Pada kenyataan, ada begitu banyak manfaat ketika belajar sosiologi. Beberapa manfaat yang bisa kita sebutan antara lain:

  • Sosiologi dapat memberikan pengetahuan mengenai pola-pola interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat. Melalui penge- tahuan tentang pola-pola interaksi tersebut, kita dapat mengenal dengan lebih jelas siapa diri kita dalam konteks hubungan antara pribadi dan pribadi, pribadi dan kelompok, kelompok dan kelompok.
  • Sosiologi dapat membantu kita untuk atau mengontrol kontrol setiap tindakan dan perilaku kita dalam kehidupan masyarakat.
  • Sosiologi mampu mengkaji status dan peran kita sebagai anggota masyarakat.
  • Dengan belajar sosiologi, kita menjadi lebih peka, kritis, gejala, gejala-gejala sosial yang terjadi.
Demikian ulasan mengenai manfaat mempelajari sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga dapat memberikan wawasan sekaligus motifasi untuk mempelajari sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.    .

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblock anda atau beralih menggunakan Google Crom