Cara Mudah Menulis Arab di Microsoft Word

Bagaimana cara menulis Arab di Microsoft Word ? Mungkin kebanyakan kita sudah sangat familiar dengan aplikasi pengolah teks dari microsoft ini.

Namun biasanya kita menulis dengan menggunakan aksara latin baik dengan berbahasa Indonesia maupun dengan bahasa Inggris.

Adapun menulis bahasa Arab dengan aksara Arab tentu sebagian kita masih ada yang belum terbiasa. Bahkan untuk memulainya saja masih bingung.

Mengaktifkan Aksara Arab di Komputer

Untuk bisa mengaktifkan Aksara Arab di komputer, anda harus menambahkan settingan khusus pada windows anda. Berikut caranya:

  1. Pilih Start
  2. Pilih Control Panel, jika anda tidak bisa menemukannya anda bisa cari menggunakan kolom pencarian.
  3. Setelah anda clik Control Panel, cari Clock, Language, and Region.
  4. Pada bagian Clock, Language, and Region, pilih Change Keyboard or Other Input Metods
  5. Pilih Region and Language
  6. Pada bagian Keyboard anda language pilih Change Keyboards dan anda akan di bawa ke menu Text Services and Input Language
  7. Pilih Add
  8. Pilih Arabic (Saudi)
  9. Aply
  10. OK

Untuk lebih jelasnya anda bisa baca di artikel Inilah Cara termudah Menginstal Bahasa Arab di Windows

Memulai Menulis Arab di Microsoft Word

1. Buka Microsoft Word di komputer anda

2. Rubah aksara dari IN (Indonesia) atau EN (English) ke AR (Arabic). ada dua cara yang bisa anda gunakan.

  • pertama, anda dapat menekan Alt+Shift beberapa kali secara bersamaan sampai aksara berubah.
  • kedua, anda bisa memilih bahasa arab dengan mengarahkan kursor dengan mouse

 

3. Aktifkan RTL (Right-to-left) teks agar anda dapat memulai menulis arab dari arah kanan ke kiri.

Catatan:

Untuk memulai menulis dari kanan ke kiri, jangan menggunakan menu paragraf rata kanan (alighn right). Hal ini merupakan cara yang salah dan nantinya justru akan mempersulit anda dalam mengelola teks yang anda buat terutama saat menambahan harokat.

Setelah anda melakukan 3 langkah di atas, kini anda dapat memulai menulis apapun dengan menggunakan bahasa dan aksara Arab.

Mengenal Huruf Arab di Keyboard QWERTY

Saya yakin jika keyboar pada komputer yang anda gunakan sekarang pasti tertulis dalam huruf latin. Maka perlu kesabaran untuk mengenali dan menghafal satu demi satu aksara Arab.

Anda bisa langsung memulainya dengan memencet seluruh tombol yang ada, dari situ anda akan mengetahui letak huruf-huruf arab itu berada.

Yang tidak kalah penting, anda harus segera praktik mencoba menulis kata demi kata menggunakan aksara arab. Dengan begitu anda akan mulai terbiasa dan akan segera hafal dengan sendirinya di mana letak huruf arab yang anda perlukan.

Cari ini memang tergolong cara yang sedikit lamban dan memerlukan kesungguhan yang tinggi. Tapi percayalah bahwa cara ini merupakan cara terbaik agar bisa menulis arab dengan lancar di microsoft word.

Menggunakan on-Screen Keyboard

Bagi anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk menghafalkan satu demi satu huruf arab di keyboard, anda bisa mengaktifkan on-screen keyboard.

Caranya, masuk ke start menu dengan menekan tombol logo windows yang ada di layar komputer atau di keyboar anda. Lalu ketik dalam kolom pencarian on-screen keyboard.

Setelah anda mengaktifkan on-screen keyboard langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengaktifkan aksara arab sebagaimana kami jelaskan di atas.

Jika sudah, aksara arab secara otomatis akan terlihat di on-sceen keyboard dan anda pun bisa mulai menulis arab di word. Gunakan mouse untuk memilih huruf yang anda butuhkan.

Menempelkan Stiker Huruf Arab

Salah satu alternatif agar anda dapat menulis arab di word dengan baik adalah menggunakan bantuan stiker. Anda bisa membeli atau membuat sendiri stiker bertuliskan huruf arab kemudian menempelkannya di keyboard anda.

Dengan cara ini anda tidak perlu susah payah menghafalkan letak huruf Arab atau harus mengklik satu demi satu huruf arab di on-sceen keyboard dengan mouse.

Menambahkan Harokat

Letak harokat bahasa Arab pada keyboard agak tersembunyi. Anda harus menekan tombol Shift terlebih dahulu untuk memunculkan harokat. Berikut adalah caranya:

  1. shift+Q = fathah
  2. Shift+W= fathatani
  3. Shift+E = dhommah
  4. Shift+R= fathataani
  5. Shift+A = kasroh
  6. Shift+S = kasrohtani
  7. Shift+X = sukun
  8. Shift+~ = tasydid

Demikian cara menulis Arab di word dengan baik. Selamat mencoba !

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblock anda atau beralih menggunakan Google Crom