25 Contoh Kalimat Majas Asosiasi Lengkap Beserta Penjelasannya

Majas Asosiasi disebut juga sebagai majas perbandingan atau perumpamaan. Jenis majas yang satu ini membandingkan dua hal berbeda namun dianggap sama. Majas Asosiasi memiliki ciri adanya kata penghubung seperti seumpama, bak, bagaikan, ibarat dan kata penghubung lainnya. Majas Asosiasi seringkali terdengar dalam obrolan yang diucapkan oleh manusia maupun tulisan.

Majas Asosiasi menggambarkan makna yang disampaikan dari satu orang ke orang lain supaya lebih terkesan bila mendengar apa yang diucapkannya. Majas ini sangat enak didengar ketika lawan bicara kita sama-sama menggunakan majas Asosiasi.

 Kalimat Majas Asosiasi

Contoh Majas Asosiasi:

Hutangnya segudang, entah bagaimana dia melunasinya.

Penjelasan: Hutangnya segudang memiliki makna yang sama yaitu memiliki banyak hutang.

Anak kembar itu bagaikan pinang dibelah dua.

Penjelasan: Pinang dibelah dua memilliki arti yang sama, kembar atau seiras, artinya anak kembar tersebut sulit dibedakan antara satu sama lain.

Anak itu sekarang kacang lupa pada kulitnya, padahal dulu ia dirawat dengan baik oleh ibu panti.

Penjelasan: Ibu panti disini berperan telah mendidik anaknya dari kecil hingga dewasa, namun ketika sudah sukses ia melupakan jasa dari orang yang telah membesarkannya.

Parman berbicara seperti tong kosong nyaring bunyinya.

Penjelasan: Tong kosong nyaring bunyinya sama halnya cuma omongan saja tetapi tidak disertai perbuatan.

Usaha dan Do’a ibarat sayur tanpa garam.

Penjelasan: Apabila kita memasak sayur tanpa garam pasti rasanya akan kurang, begitu juga usaha tanpa Do’a, jika salah satunya ditinggalkan itu akan sia-sia saja.

Semangatnya seperti api membara, pria itu ingin raih prestasi terbaik.

Penjelasan: Seperti api membara sama halnya memiliki semangat yang begitu tinggi untuk meraih prestasi yang terbaik.

Rani belajar dengan giat setiap harinya, ia ingin menjadi bintang kelas saat penerimaan raport nanti.

Penjelasan: Bintang kelas memiliki makna yang sama dengan peringkat pertama atau ranking pertama di kelas. Dalam contoh tersebut Rani ingin menjadi anak yang paling pintar di kelas.

Pak Yanto hilang di Papua hampir tiga tahun ini belum ditemukan, bagaikan jarum ditumpuk jerami.

Penjelasan: Jarum ditumpuk jerami akan sulit sekali ditemukan bila kita mencarinya. Sama halnya Pak Yanto yang hilang di Papua akan sulit ditemukan karena Papua memiliki wilayah yang sangat luas dan bukan hanya satu orang saja yang menduduki tempat tersebut.

Tak lama terdengar kabarnya, iman jatuh sakit dan sekarang badannya seperti Jelangkung.

Penjelasan: Jelangkung sama halnya kurus, biasanya orang yang sedang sakit kondisi tubuhnya akan semakin mengecil, sehingga banyak orang yang menyebutnya kurus.

Pria itu bekerja seharian tanpa merasa lelah, tenaganya seperti superman. 

Penjelasan: Superman memiliki tenaga yang sangat kuat, pria yang bekerja tanpa merasa lelah pastinya memiliki tenaga yang sangat kuat. Sebutan Superman sangat cocok bagai pria tersebut karena kuat dan tangguh.

Ivan dan Eno bagaikan langit dan bumi, keduanya tidak mungkin bisa bersatu.

Penjelasan: Ivan dan Eno tidak bisa bersatu karena salah satu dari mereka kaya dan miskin. Sebutan kaya dan miskin ini bisa dibilang sebagai bumi dan langit.

Andi selalu gemetar tubuhnya seperti terserang gempa bumi.

Penjelasan: Gempa bumi selalu memberikan getaran, seperti halnya tubuh kita terkadang merasa gemetar bila terjadi sesuatu.

Pelukan sang Ibunda bagai hangatnya matahari.

Penjelasan: Pelukan sang ibu memiliki kehangatan yang begitu mendalam, gambaran tersebut sama halnya seperti hangatnya matahari ketika bersinar.

Keindahan alam yang ada di Papua bak di surga, tak heran banyak yang datang ke tempat ini. 

Penjelasan: Surga dikronologiskan memiliki keindahan yang luar biasa di dalamnya, pemandangan yang indah di Papua dapat dirasakan seperti di surga meski kita belum tahu seperti apa surga disana.

Tina kini menjadi bunga desa, tak heran banyak pria yang datang untuk melamarnya.

Penjelasan: Bunga desa menjadi sebutan sebagai wanita paling cantik di antara wanita yang ada di desa tersebut. Kecantikannya membuat para pria terpincut dan ingin sekali menikahinya.

Wajah wanita itu sangat cantik bagaikan bidadari turun dari surga.

Penjelasan: Bidadari dikatakan memiliki paras yang sangat cantik, sehingga sebutan itu seringkali dilakukan untuk memuji para wanita yang memiliki paras cantik.

Perkembangan perusahaan ini bagaikan ulat berubah menjadi kupu-kupu.

Penjelasan: Kita pastinya tahu berapa lama perubahan ulat menjadi kupu-kupu, disini sama halnya perkembangan perusahaan memiliki waktu yang sama dengan perubahan ulat menjadi kupu-kupu.

Pria itu menyanyi sangat tidak sedap, ibarat kaset yang kusut.

Penjelasan: Kaset yang kusut bila dinyalakan akan memberikan suara yang tidak enak untuk didengar, istilah ini sama bila kalian tidak bakat bernyanyi namun tetap saja memaksakan untuk menyanyi.

Tak lama berjumpa, badanmu sekarang seperti tiang listrik.

Penjelasan: Tiang listrik yang kita tahu suatu benda yang sangat tinggi, dalam kalimat tersebut berarti menjelaskan bahwa tubuh teman kalian kini sangat tinggi.

Badannya kecil, tapi pukulannya seperti samson.

Penjelasan: Samson terkenal dengan otot kawat tulang besi, ia memiliki pukulan yang sangat keras saat menjatuhkan lawannya.

Wanita itu memiliki keindahan di salah satu bagian tubuhnya, yakni matanya seperti bintang kejora. 

Penjelasan: Bintang kejora merupakan salah satu bintang yang sangat indah, artinya, mata yang dimiliki wanita itu berarti sangat indah.

Omongan wanita itu seperti cabai rawit.

Penjelasan: Cabai rawit merupakan salah satu jenis cabai yang paling pedas, artinya apa yang dibicarakan oleh wanita itu sangat pedas dan menusuk.

Saat mengikuti lomba lari di Stadion Gelora Bung Karno, kecepatannya anak itu seperti kuda.

Penjelasan: Anak itu memiliki kecepatan lari seperti kuda, dari segala jenis hewan yang ada, kuda menjadi salah satu hewan yang tercepat.

Toni mengelabuhi lawannya saat bermain bola, otaknya cerdas seperti kancil.

Penjelasan: Kancil merupakan salah satu hewan yang paling cerdas, ia seringkali menggunakan otaknya untuk mengelabuhi lawan-lawannya.

Gerakan Lionel Messi saat melewati lawannya di lapangan seperti sihir.

Penjelasan: Messi merupakan salah satu pesepakbola yang memiliki kehebatan luar biasa. Keahlian dalam mengolah si kulit bundar seperti tak terlihat alias sihir.

Demikian beberapa contoh majas Asosiasi yang dapat kami rangkum buat kalian. Baca lebih banyak tentang majas Asosiasi pada artikel Pengertian + 35 Contoh Majas Asosiasi atau Majas Perumpamaan

x