Wednesday, 18 January 2017

Apakah yang Dimaksud dengan Sosiologi? Berikut Beberpa Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli

Apa itu sosiologi ? Dalam artikel kali ini kita akan membahas pengertian sosiologi secara bahasa maupun istilah. Dengan membaca pembahasan ini, anda diharapkan akan mendapatkan gambaran  awal tentang apa yang dikaji dalam salah satu disiplin ilmu sosial ini.

Secara bahasa, Sosiologi berasal dari kata Latin socius, dan kata Yunani yaitu logos. Socius berarti kawan atau teman, dan logos berarti penge-tahuan.

Dengan demikian, sosiologi berarti pengetahuan tentang perkawanan atau  pertemanan. Pengertian pertemanan ini kemudian diperluas cakupannya menjadi sekelompok manusia yang hidup bersama dalam suatu tempat, atau bisa disebut dengan masyarakat. Kesimpulannya sosiologi diartikan sebagai pengetahuan tentang hidup bermasyarakat.



Kata socius dibentuk dari kata “sosial” yang diartikan sebagai “serba berjiwa kawan,” “serba terbuka” untuk orang lain, untuk memberi dan menerima, untuk umum. Kebalikan dari “sosial” adalah “individual,” yaitu serba tertutup.

Sampai saat ini sepertinya belum dibakukan istilah sosiologi secara utuh, yang dapat mewakili dan menghimpun seluruh definisi yang ada. Sementara, beberapa ahli mengemukakan pendapatnya yaitu sebagai berikut.

  1. Pitirim A. Sorokin mengemukakan bahwa sosiologi sebagai  ilmu, mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya, gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral). Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala nonsosial (gejala geografis, biologis) menjadi ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
  2. Roucek dan Warren mengemukakan bahwa sosiologi mempelajari hubungan antarmanusia dalam kelompok-kelompok.
  3. William F. Oghburn dan Mayer F. Nimkoff mengemukakan bahwa sosiologi adalah penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial.
  4. Max Weber mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang berupaya untuk memahami tindakan-tindakan sosial.
  5. Emile Durkheim mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yaitu fakta yang berisikan cara bertindak, berpikir, dan berperasaan yang ada di luar individu. Fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.
  6. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi mengemukakan bahwa sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan sosial.
  7. Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasya rakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.


Demikian pembahasan mengenai definisi sosiologi menurut para ahli. Semoga dapat memberikan gambaran awal tentang apa itu sosiologi serta hal-hal yang dikaji di dalamnya.

Sumber: 
Bagja Waluya, BSE Sosiologi 1 untuk kelas X SMA/MA: Departemen Pendidikan Nasional.

Related Post


EmoticonEmoticon