Friday, 30 September 2016

KONSEP KONSEP GEOGRAFI MENURUT PARA AHLI

Geografi sebagai salah satu ilmu tentunya memiliki konsep sendiri seperti juga pada ilmu yang lainnya. Konsep ini sangat penting karena dengan konsep inilah maka para ahli geografi akan melakukan sebuah riset yang akhirnya menghasilkan penemuan-penemuan yang bermanfaat bagi manusia banyak.

Perkembangan ilmu geografi pada zaman ini tentunya tidak luput dari sumbangsih para ahli dan pemikir yang telah menemukan berbagai gagasan serta konsep mengenai ilmu ini. Berikut adalah beberapa konsep geografi menurut para ahli:

konsep geografi menurut ahli
Geografi

Thales

Thales adalah geograf pertama yang berasal dari Yunani. Ia banyak melakukan riset untuk mempelajari ilmu yang satu ini. untuk mendukung risetnya tersebut maka ia telah melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Tujuan dari perjalanannya adalah untuk membuktikan bahwa ilmu geografi memang ada dan dibutuhkan.

Herodotus

Ilmuwan yang satu ini telah meneruskan langkah yang telah dilakukan oleh ilmuwan sebelumnya, yaitu Thales. Ia telah membuat laporan tentang wilayah di sekitar timur tengah. Laporan ini diharapkan akan bisa menambah informasi tentang ilmu geografi.

Phytheas

Salah satu hasil risetnya yang terkenal adalah bahwa ia mampu mengukur jarak antara matahari dengan bumi.  Sebuah penemuan yang sangat luar biasa saat itu. ini membuktikan bahwa para ilmuwan yunani adalah orang-orang yang sangat cerdas.

Eratosthenes

Ini adalah salah satu ilmuwan yunani yang sangat fenomenal. Mengapa? Karena Eratosthenes bisa menghitung keliling bumi yang ternyata setelah dibuktikan dengan teknologi modern maka penemuan Eratosthenes hanya berbeda 1% saja dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan modern saat ini.para ilmuwan yunani di atas adalah para pelopor ilmu geografi karena dari hasil riset mereka ditemukan tentang konsep geografi modern, yaitu:


Bernard Varen (1622–1650).

Ini adalah ilmuwan geografi yang sebenarnya lulusan kedokteran dari belanda. Menurutnya geografi adalah percampuran antara ilmu matematika yang membahas bumi dan isinya serta berbagai benda langit. Menurutnya geografi dibagi menjadi dua macam, yaitu geografi umum dan geografi khusus.

Immanuel Kant (1724–1821)

Ini adalah ahli filsafat yang tertarik dengan ilmu geografi. Menurutnya bahwa filsafat adalah dekat dengan geografi. Ia berpendapat bahwa adalah ilmu yang memiliki objek studi benda-benda dan berbagai gejala yang tersebar di seluruh permukaan bumi.

Alexander von Humboldt (1769–1859)

Ia diakui sebagai orang yang menjadi penggagas geografi fisik modern. Pada awalnya ia adalah seorang ahli potani. Kemudian setelah mempelajari tentang bebatuan maka ia mulai tertarik dengan ilmu geografi. Menurutnya ada kaitannya antara bumi dengan matahari di ruang angkasa.

Karl Ritter (1779–1859)

Iya juga disebut sebagai orang yang menggagas geografi fisik modern. Menurut profesor ini menyatakan bahwa geografi adalah sebuah telaah tentang bumi. Sedangkan objek yang dipelajari dalam geografi adalah seluruh gejala yang ada di permukaan bumi, baik itu organik maupun non organik.

Friederich Ratzel (1844–1904)

Menurutnya geografi adalah sebuah sarana bagi organisme untuk berkembang.

Itulah pembahasan tentang konsep geografi menurut para ahli. Masih banyak para ahli geografi yang memiliki konsep geografi selain di atas.

Related Post


EmoticonEmoticon