25 Kata Mutiara Bijak Islami Tentang Kehidupan

Advertisement
Sebagai umat islam, tentulah kita telah mengetahui bahwa iman yang ada dalam kiri kita mengalami kondisi yang kadang naik kadang turun. Namun disisi lain kita juga menginginkan keteguhan iman dan berharap kematian yang baik atau husnul khotimah. Maka dari itu perlulah kita menerima nasihat-nasihat bijak para ahlul 'ilmi agar kita senantiasa istiqomah di jalanNya dan meraih akhir kehidupan yang baik.

25 kata mutiara islami


Berikut abimuda paparkan 25 Kata Mutiara Bijak Islami Tentang Kehidupan yang juga merupakan nasehat para ahlul 'ilmi, semoga kita senantiasa berada di jalan yang diridhoi olehNya.

1. "Apabila hati telah merasakan manisnya ibadah kepada Allah dan ikhlas kepadaNya, maka tidak ada yang lebih manis, lebih indah, lebih nikmat darinya." (Ibnu Taimiyah)

2. "Dunia ini bagaikan perangkap dan manusia bagaikan burung-burung. Burung itu hanya menginginkan biji-bijian dan melupakan jerat yang mematikan. Kebanyakan manusia telah melupakan tempat kembali dan condong kepada kenikmatan yang sesaat." (Ibnul Jauzi)

3. "Sesungguhnya dunia ini seperti semut yang mengumpulkan biji-bijian di musim panas sebagai simpanan makanan di musim dingin. Pada suatu hari semut membawa sebutir biji di mulutnya, lalu datanglah seekor burung yang mematuknya dan biji tersebut. Sehingga semut itu dapat memakan apa yang telah ia kumpulkan dan tidak mendapatkan apa yang ia harapkan." (Bisyr bin al-Harits)

4. "Aku bunuh sifat tamak yang ada pada diriku, maka akupun menenangkan diriku karena jiwa kapan ia tamak maka rendahlah jiwa tersebut ... Dan aku hidupkan sifat qona'ah pada diriku yang tadinya telah mati, maka dengan menghidupkannya harga dirikupun terjaga.... Jika sifat taman telah menetap di hati seorang hamba, maka ia akan didominasi dan dikuasai kerendahan." (Syair Imam Asy-Syafi'i)

5. "Tak akan bisa belajar ilmu, orang yang malu dan orang yang sombong." (Mujahid bin Jabr)

6. "Ketika Allah menutup satu pintu bagi hamba dengan hikmahNya, niscaya ia akan membuka dua pintu untuknya dengan rahmatNya." (Ibnul Qayyim al-Jauziyah)

7. "Jangan katakan kesempatan telah berlalu, karena siapa berusaha niscaya sampailah ia ke tempat yang dituju." 

8. "Jannah diselimuti oleh berbagai hal yang tidak disukai." (HR Muslim)

9. "Takkan kau dapatkan apa yang kamu cinta, kecuali dengan meninggalkan apa yang kamu suka." (Imam Hasan al-Bashri)

10. "Takkan kau raih cita-cita, kecuali dengan bersabar terhadap apa yang tidak kamu suka." (Imam Hasan al-Bashri)

11. "Telah sepakat orang-orang yang berakal, bahwa kenikmatan tidak diraih dengan kenikmatan, dan barang siapa yang mendahulukan rehat, maka kelak ia kehilangan masa rehat." (Ibnu Qayyim al-Jauziyah)

12. "Barang siapa banyak tidur maka dia tidak mendapatkan barakah dalam umurnya." (Umar bi Khathab ra)

13. "Seorang penuntut ilmu tidak memiliki amalan di malam hari? yakni alangkah jauhnya antara cita-cita dengan usaha yang dilakukan." (Imam Ahmad bin Hambal)

14. "Tidur sejenak di sianga hari adalah kebiasaan orang baik karena hal itu bisa mengistirahatkan hati dan menguatkan shalat di waktu malam." (Ishak bin Abdillah bin Abi Farwah)

15. "Orang yang tidur siang namun tidak shalat malam seperti halnya orang yang makan sahur, namun tidak puasa di siang harinya." 

16. "Tabi'at ilmu itu didatangi, bukan ditunggu kedatangannya."

17. "Cita-cita yang tinggi hanya bisa diraih dengan himmah aliyah (motivasi yang tinggi) dan niyyah shahihah (niat yang benar)." (Ibnu Qayyim al-Jauziyah)

18. "Ilmu dan amal adalah saudara kembar, ibu dari keduanya adalah himmah aliyah". (Ibnu al-Jauzi)

19. "Sebaik-baik teman disegala kondisi adalah buku".

20. "Ikatlah ilmu dengan catatan".

21. "Ilmu adalah buruan, sedangkan catatan laksana tali pengikat. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Adalah tindakan bodoh jika anda menangkap merpati lalu Anda biarkan ia terlepas bersama kawanannya." (Imam Asy-Syafi'i)

22. "Barangsiapa menempuh jalan untuk mencari ilmu (syar'i), maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju syurga." (HR Muslim)

23. "Manusia itu lebih membutuhkan ilmu daripada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman sehari dua atau tiga kali, sedangkan ilmu dibutuhkan setiap waktu. Kalau bukan karena ilmu, niscaya manusia seperti binatang." (Imam Ahmad rahimahullah)

24. "Jika tekad telah bulat maka jalan akan jelas terlihat."

25. "Berpeganglah pada jalan hidayah, jangan ragu akan sedikitnya orang yang menempuh jalannya. Jauhilah jalan kesesatan dan jangan tertipu oleh banyaknya jumlah orang yang bergabung bersama mereka." (Fudhail bin Iyadh)

Demikianlah 25 Kata Mutiara Bijak Islami tentang kehidupan, semoga menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih istiqomah di jalanNya, aamin..