Inilah Kedudukan Bahasa yang Wajib Anda Ketahui

Advertisement
Sebelum saya membahas lebih jauh lagi tentang kedudukan bahasa yang wajib kita ketahui saya akan sedikit ulang kembali mengenai fungsi bahasa itu sendiri. Ini sebagai ajang memudahkan bagi sobat abimuda dalam memahami materi yang satu ini.

Fungsi bahasa:
  • Bahasa sebagai alat komunikasi. Telah kita ketahui bersama bahwa bahasa ini telah dipakai sebagai alat untuk melakukan komunikasi, sebab jika tanpa adanya bahasa maka kita tidak akan tahu maksud dari lawan bicara kita. Selain itu, jika tidak ada bahasa maka orang lain akan sulit untuk memahami gagasan atau pikiran kita yang disampaikan baik melalui tulisan maupun melalui lisan. Jadi pada intinya, bahasa sebagai alat komunikasi yakni untuk berinteraksi antar sesama manusia.
  • Bahasa sebagai alat ekspresi diri. Yang dimaksud dengan bahasa sebagai ekspresi diri adalah dengan adanya bahasa, kita dapat menyampaikan tentang perasaan kita kepada orang lain. Biasanya akan disampaikan elalui pesan yang ditampilkan. Sebagai contoh, saya sangat bahagia, maka ekspresi yang akan kita tunjukkan adalah rasa bahagia dengan mengucap syukur kepada Allah Swt.
  • Bahasa sebagai alat untuk elakukan adaptasi.
  • Bahasa sebagai alat untuk melakukan integrasi.
  • Bahasa sebagai alat kontrol sosial.
  • Bahasa sebagai alat untuk membangun suatu karakter.

Kedudukan Bahasa

Kedudukan Bahasa yang Wajib Kita Ketahui

  1. Bahasa berkedudukan sebagai bahasa lambang kebanggaan nasional. Kedudukan bahasa sebagai lambang nasional adalah keadaan bahasa yang dapat mewakili kebudayaan yang telah dijunjung oleh suatu negara. Khususnya sebuah bahasa yang dapat mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa indonesia, adanya nilai luhur tersebut tercermin dari nilai sosial dan budaya.
  2. Kedudukan bahasa sebagai identitas lambang nasional. Yang dimaksud dengan bahasa sebagai lambang identitas nasional adalah kita sebagai warga indonesia berarti sebagai ciri dari negara indonesia. Ciri-ciri tersebut menerangkan tentang bagaimana selukbeluk orang indonesia yakni dengan menunjukkan kepribadiannya, karakterisitiknya, kebudayaannya, dan masih banyak lagi yang dapat manandakan bahwa kita orang indonesia.
  3. Kedudukan bahasa adalah sebagai pemersatu bangsa. Kedudukan bahasa sebagai pemersatu bangsa adalah dengan adanya bahasa mampu menyatukan bangsa indonesia. Menyatukan dari sabang sampai merauke yakni dengan latar belakang suku, budaya, adat, golongan dan ras yang memang berbeda-beda.
  4. Kedudukan bahasa sebagai alat perhubungan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa selain sebagai alat pemersatu bangsa, kedudukan bahasa indonesia ini juga sebagai alat perhubungan. Yang dimaksud dengan alat perhubungan adalah yang telah menghubungkan antar daerah yang berbeda.
Itulah pembahasan tentang kedudukan bahasa yang wajib kita ketahui. Semoga pembahasan yang singkat di atas tadi dapat memberikan refrensi bagi sobat abimuda.com yang selalu setia membaca postingan ini.