Inilah 7 Fungsi Bahasa Sebagai Kontrol Sosial

Advertisement
Yang dimaksud dengan Bahasa Sebagai Kontrol Sosial bahwa suatu bahasa dapat digunakan untuk mengontrol suatu kegiatan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam berbangsa dan bernegara. Selain itu, bahasa sebagai alat kontrol sosial juga dapat diartikan bahwa peranan bahasa ini sangatlah penting untuk melakukan kontrol ketika menyampaikan sesuatu kepada lawan bicaranya.

Bahasa sebagai alat kontrol sosial­ dapat memengaruhi sikap, tingkaalaku, dan tutur kata seseorang karena dapat diterapkan terhadap diri dan juga masyarakat.

Fungsi Bahasa Sebagai Kontrol Sosial
K.H. Zainudin MZ.

Sebagai contoh buku-buku pelajaran, ceramah agama, penyeluhan, orasi ilmiah, mengikuti diskusi serta iklan layanan. Contoh lain yang dapat menggambarkan fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial adalah sebagai alat peredam rasa marah.

Oleh karena itulah apabila anda menulis sebagai salah satu cara untuk meredakan rasa amarah, berarti kita sudah termasuk mengamalkan peran bahasa dalam hal kontrol diri dan sosial.

Nah jadi tahukan mengapa bahasa dapat berfungsi sebgai kntrol sosial ?

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial memang amat penting sebab dengan adanya fungsi tersebut seseorang akan lebih berhati-hati dalam mengutarakan pendapat, berkata dan berdebat.

Fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial bisa dijabarkan menjadi beberapa hal, yakni:
  1. Bahasa dapat mengontrol suatu kejadian yang ada dalam masyarakat.
  2. Bahasa dapat mengontrol emosi yang ada pada diri pribadi maupun kelompok.
  3. Bahasa dapat menjadi tanda seseorang yang santun maupun tidak.
  4. Bahasa menjadi tanda suatu penyampaian yang tegas dan tidak.
  5. Bahasa menjadi tanda bagi seseorang yang bersikap brutal ataupun kalem.
  6. Bahasa dapat mengontrol jenis orasi yang baik, sopan dan santun.
  7. Bahasa dapat mengontrol kondisi sosial yang tengah membuncah.
Selain sebagai kontrol sosial, bahasa juga memiliki fungsi lain seperti:

Itulah tadi pembahasan tentang fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial. Pembahasan lainnya dapat di baca pada artikel Fungsi Bahasa Secara Umum dan Khusus. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat abimuda dimana pun berada.