Definisi Bahasa Menurut Para Ahli

Advertisement
Sebelum saya mengulas lebih jauh lagi definisi menurut para ahli, akan saya bahas sedikit definisi atau pengertian bahasa secara umum. Supaya sobat abimuda.com dapat mempelajari materi ini secara runtut.
Bahasa secara keilmuan memiliki arti bahwa bahasa merupakan sesuatu yang dapat dipahami, dimengerti mengenai susunan-susunannya yang teratur, berpola, dan membentuk suatu keseluruhan yang bermakna atau memiliki fungsi. Jadi dapat disimpulkan bahwa secara keilmuan bahasa mempunyai sifat yang teratur, memiliki pola, mempunyai makna dan juga fungsi.

Sedangkan bahasa menurut id.wikipedia.org menjelaskan bahwa bahasa indonesia yang kita pakai dalam kehidupan sehari-hari ini berasal dari bahasa sansekerta, yakni baha memiliki makna kapasitas khusus yang terdapat pada manusia untuk melakukan komunikasi yang lebih kompleks, dan sebuah bahasa merupakan contoh sepesifik dari sistem tersebut. Sementara itu, kajian ilmiah yang mempelajari bahasa disebut linguistik.
Definisi Bahasa Menurut Para Ahli

Secara sederhananya bahasa merupakan suatu sarana atau alat untuk manusia melakukan komunikasi melakukan interaksi sosial antar sesama manusia, baik sesama jenis maupun lawan jenis. Artinya, bahasa adalah alat untuk kita melakukan hubungan interaksi sosial.

Berikut ini kami sebutkan beberapa definisi bahasa menurut para ahli.
  • Menurut seorang ahli yang bernama MACKEY (1986) mengatakan bahwa definisi bahasa adalah suatu bentuk dan bukan merupakan suatu keadaan atau merupakan sesuatu sistem lambang bunyi yang arbitrer, atau suatu sistem dari sekian dari banyaknya sistem-sistem.
  • Bahasa menurut WIBOWO (2001), adalah sistem simbul bunyi yang memiliki makna dan yang memiliki artikulasi yakni yang dihasilkan oleh alat ucap yang bersifat arbitrer dan konfensional, yang telah digunakan sebagai alat untuk melakukan komunikasi oleh sekelompok manusia untuk menyampaikan perasaan dan pikiran.
  • Definisi bahasa menurut KERAF SMARAPRADHIPA (2005), dalam penuturannya beliau telah memberikan dua pengertian bahasa menurut sudut pandangnya yaitu: Yang pertama ia mengatakan bahwa bahasa merupakan alat  komunikasi antara anggota masyarakat yang berupa simbul bunyi yang telah dihasilkan oleh alat ucap manusia. Sedangkan yang kedua ia menuturkan bahwa bahasa adalah sistem komunikasi yang mempergunakan simbul-simbul fokal (bunyi ujaran) yang bersifat arbitrer.
  • Definisi bahasa menurut seorang ahli yang bernama SYAMSUDDIN (1986), beliau mengungkapkan bahwa pengertian bahasa adalah yang pertama bahasa adalah alat yang telah digunakan untuk membentuk pikiran dan perasaan, keinginan dan perbuatan, alat yang digunakan untuk memengaruhi dan dipengaruhi. Sedangkan yang kedua bahasa merupakan suatu tanda yang jelas dari kepribadian yang baik maupun yang buruk, tanda yang jelas dari keluarga dan bangsa, dan suatu tanda yang jelas dari budipekerti manusia.
  • Definisi bahasa menurut seorang ahli yang bernama PENGABEAN (1981), ia menyatakan bahwa bahasa merupakan suatu sistem yang mengutarakan dan melaporkan apa yang telah terjadi pada sistem syaraf.

Itulah tadi pembahasan tentang definisi bahasa menurut para ahli. Semoga pembahasan yang singkat ini tadi dapat membantu sobat abimuda.com yang sedang mencari refrensi tentang mata pelajaran bahasa indonesia.