Contoh Kalimat Baku dan Tidak Baku Bahasa Indonesia

Advertisement
Hello sobat abimuda jika pada artikel yang lalu kita sudah belajar tentang daftar kata baku dan tidak baku, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang contoh kalimat baku dan tidak baku bahasa Indonesia.

Contoh Kalimat Baku Bahasa Indonesia

Perlu saya ulang sedikit mengenai kalimat baku dan tidak baku. Seperti yang telah sobat abimuda ketahui bahwa kalimat baku adalah sebuah kalimat yang mengikuti aturan ejaan bahasa indonesia, sedangkan kalimat tidak baku adalah kalimat yang menimbulkan kerancuan atau tidak sesuai dengan eyd.
Untuk lebih jelasnya kita simak sama-sama contoh kalimat baku dan tidak baku di bawah ini.

Contoh Kalimat Baku dan Tidak Baku Bahasa Indonesia

Contoh kalimat baku:
  1. Ibu membelikan jilbab kakak.
  2. Ayah membelikan jilbab adik.
  3. Nenek membelikan bakso untuk Mirna.
  4. Nina membelikan sepeda untuk ayah.
  5. Kecelakaan mobil sangat tinggi berdasarkan data didapat.
  6. Para mahasiswa melakukan aksi demo di depan pintu gedung perwakilan rakyat RI.
  7. Bagi orang yang merokok harus  mematikan rokoknya.
  8. Buah itu jatuh  setelah tertiup oleh angin.
  9. Ayah membeli motor biru.
  10. “Ayah berkata, Ayah akan pergi ke rumah paman!”
  11. Nina membeli jeruk bali sekilo di Pasar baru.
  12. Ayah menolong anak jalanan itu kemudian mendidik hingga besar.
  13. Nenek membelikan permen untuk adik.
  14. Ibu membawakan oleh-oleh untuk anak-anaknya.
  15. Siska akan pergi ke rumah nenek.
  16. Marni duduk di kursi depan cermin.
Contoh kalimat tidak baku.
Kalimat tidak baku adalah kalimat yang tidak mengikuti aturan dalam bahasa indonesia, atau sering dikatakan kalimat yang menimbulkan kerancuan. Kalimat tidak baku ini biasanya berasal dari bahasa gaul sehingga menjadi bahasa dialog sehari-hari.
Berikut ini adalah contohnya:
Kamu lagi ngapain Wan?
Aku mau pergi ke rumah kakek entar sore.
Aku nanti mau beli es cream sama ibuku.
Aku tadi makan lauknya tempe goreng.
Nenek entar sore mau dateng ke rumahku.
Ibu menolong anak jalanan itu lalu didik hingga besar.
Lia, ayo kita ngerjain pr.
Ibu aku laper.
Nenek aku pengen makan pecel.
Nani entar mau ke pasar beli lele.
Buah itu terjatuh ke bawah setelah terkena angin.
Mamaku baru mau pergi.
Dedi membeli tape sama es teh dipasar.
Kebun itu memiliki pemandangan yang sangat indah sekali.
Kamu jahat banget sih, enggak perduli.
Kamu nakal banget sih jadi orang bikin kesel aja.
Aku sebel sama kamu karena enggak pernah ngertiin aku.
Aku pusing sekali hari ini.
Duduk aja tuh di situ enggak usah ngeyel.
Apaan sih kamu kok nyebelin banget.
Aku bosen tahu!
Aku benci sekali sama kamu.
Pergi sana, aku muak enggak suka sama kamu!
Itulah tadi pembahasan tentang contoh kalimat baku dan tidak baku. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat abimuda.com yang sedang mencari refrensi bahasa indonesia.