Contoh Paragraf Persuasi Yang Singkat Dan Menarik

Advertisement
Hai sobat abimuda bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam lindungan Allah Swt. Saya kembali hadir menyapa sobat semua dimana pun berada, karena saya kembali ada di sini tentunya bukan tangan kosong melainkan ada segenggam ilmu yang ingin saya bagikan pada sobat semua. Saya harap sobat tidak bosan ya, sebab menuntut ilmu itu penting, dan tidak harus selalu di sekolah, dibangku perkuliahan, tetapi boleh dimana saja.

Baik, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang contoh paragraf persuasi. Tentu sobat abimuda tahu kan paragraf persuasi itu apa?
Iya dunk, masa tidak tahu, pembahasan ini seringkali keluar ketika ujian atau ulangan harian biasa.
Tetapi barangkali ada yang lupa, maka tidak ada salahnya saya mencoba untuk mengingatkan kembali tentang paragraf persuasi.

Ok, mari kita simak ulasan berikut ini.

Contoh Paragraf Persuasi Yang Singkat Dan Menarik

Pengertian paragraf persuasi.

Tentu sebelum saya membahas tentang contoh paragraf persuasi ini, saya akan bahas terlebih dahulu tentang pengertian dari paragraf persuasi. Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan bagi sobat abimuda dalam memahami materi kali ini.

Paragraf persuasi adalah sebuah paragraf  yang memuat tentang ajakkan, atau himbauan kepada para pembaca supaya mau melakukan seperti apa yang telah dijelaskan oleh penulisnya. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, pembaca harus memiliki alasan yang kuat mengapa mereka harus terpengaruh dengan ajakan mereka. Oleh karena itulah, dalam paragraf persuasi ini biasanya akan membutuhkan fakta-fakta atau sumber-sumber yang memang bisa untuk dipercaya, sehingga tulisan yang telah dibuat tentunya bukan sembarangan paragraf persuasi.

Tentu untuk memudahkan dalam belajar sobat semuanya, haruslah ada contoh yang real. Tenang, sobat abimuda tidak perlu khawatir,sebab saya akan menyajikan contoh-contoh sederhana untuk sobat semua.

Contoh paragraf persuasi yang singkat dan menarik

Contoh 1:
Ayo Tanamkan Kebersihan Rumah
Rumah yang saat ini menjadi tempat tinggal kita bersama keluarga adalah tempat yang paling memiliki peranan penting bagi kita. Bagaimana tidak? Di sanalah kita bersama ayah, ibu, adik, kakak dan juga keluarga lainnya. Di rumahlah kita memiliki waktu yang paling banyak berbincang dengan keluarga. Supaya selalu nyaman bersama keluarga, maka rumah haruslah selalu bersih dan menyenangkan ketika dipandang. Maka dari itulah, mari kita bersihkan rumah kita, janganlah malas untuk membersihkan rumah setiap hari.

Contoh 2:
Ayo Tanamkan Sikap Tolong Menolong
Marilah sejak dini kita tanamkan jiwa tolong menolong terhadap sesama manusia. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Keita suatu hari pasti membutuhkan orang lain untuk melakukan urusan kita di dunia ini, dari kita lahir sampai kita menemui ajal nanti. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan secara bersama-sama akan terlihat lebih ringan. Pepatah mengatakan “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing.” Meski pun memang ada pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan sendiri. Namun pekerjaan tersebut akan terasa berat dan hasilnya pun tidak memuaskan. Tetapi sebaliknya, apabila kita saling membantu, maka pekerjaan tersebut akan terasa sangat mudah dengan hasil yang memuaskan.
Oleh karena itulah, mari kita tanamkan tolong menolong terhadap sesama supaya pekerjaan menjadi lebih mudah.

Contoh 3:
Mari hidup sehat
Hidup sehat bukanlah sesuatu yang mudah bagi siapa pun. Meski tidak dipungkiri banyak orang yang ingin hidup sehat. Untuk hidup sehat kita perlu melakukan olahraga, makan makanan yang bergizi. Selain itu, jika ingin hidup dengan pola yang sehat maka jauhilah makanan yang bersifat instan. Makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki gizi tinggi, tidak perlu dengan harga mahal. Makanan yang sehat bisa berupa sayur-mayur, buah-buahan, ikan, daging dan lain sebagainya. Kesehatan perlu dijaga karena keberadaannya jauh lebih berharga ketimbang harta apa pun di dunia ini. Banyak orang yang kaya tetapi sakit-sakitan, namun justru sebaliknya banyak orang yang hidupnya pas-pasan malah memiliki pola hidup sehat. Oleh karena itulah mari kita jaga pola hidup kita, supaya kesehatan selalu bersama kita.

Nah itulah tadi ulasan tentang contoh paragraf persuasi yang singkat dan menarik. Semoga bermanfaat bagi sobat abimuda yang selalu setia dimana pun berada.