Contoh Paragraf Induktif Generalisasi Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Advertisement
Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang contoh paragraf induktif generalisasi yang baik dan benar. Tentu sobat abimuda sedikit sudah pada tahu tentang contoh paragraf induktif generalisasi yang baik dan benar, tetapi tidak ada salahnya jika saya sedikit menguraikannya, barangkali ada yang sedang mencari referensi yang lebih lengkap untuk tugas sekolahnya atau sekedar memperluas pengetahuan tentang bahasa kita tercinta.

Ok, langsung saja kita simak ulasannya.

Pengertian paragraf induktif generalisasi

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi Bahasa Indonesia

Ya, seperti yang telah sobat abimuda ketahui bahwa paragraf induktif sendiri adalah suatu paragraf yang diawali dengan sebuah penulisan berupa penjelasan kemudian ditutup dengan kalimat pokok atau inti. Secara sederhananya, paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di bagian akhir dari paragraf itu sendiri. Bisa juga dikatakan bahwa paragraf induktif adalah kebalikkan dari paragraf deduktif.

Adapun paragraf Induktif generalisasi adalah paragraf yang memiliki sifat mengembangkan kalimat (peristiwa) khsusus dengan hasil berupa kesimpulan yang memiliki sifat lebih umum.

Selain pola generalisasi, paragraf induktif juga memiliki pola atau jeni-jenis lain seperti paragraf induktif analogi, paragraf induktif sebab akibat atau hubungan causel, dan paragraf induktif akibat sebab. Penjelasan lengkapnya bisa dibaca pada artikel Macam-macam Paragraf Induktif Beserta Contohnya

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi

Nah berikut ini adalah contoh paragraf induktif dengan pola generalisasi.
 
Contoh Paragraf Generalisasi 1:
Setelah ujian biologi mahasiswa sains semester dua dibagikan, ternyata Anita, Siska, Lista dan Tika mendapatkan nilai sembilan. Mahasiswa lain kebanyakan hanya mendapatkan nilai delapan. Hanya satu orang yang tidak mendapatkan nilai karena sedang sakit ketika ujian berlangsung. Oleh karena itulah, dapat kita simpulkan bahwa mahasiswa sains semester dua cukup memahami terhadap mata kuliah biologi.

Yang menjadi kalimat penjelas di atas adalah:
  • Nilai sembilan yang diperoleh Anita, Siska, Lista dan Tika adalah sebuah peristiwa/kalimat yang bersifat khusus.
  • Peristiwa yang bersifat khusus di atas dihubungkan dengan logika.
  • Kesimpulan bersifat umum (general) pada saat diakhir paragraf terdapat suatu kalimat “Mahasiswa sains semester dua cukup memahami”.
  • Pada kesimpulan terdapat suatu kalimat yang berbunyi “cukup” karena masih ada satu orang yang belum ikut ujian. Jika semua mahasiswa semester dua tersebut ikut ujian dan mendapatkan nilai delapan, kesimpulannya akan berubah menjadi: “Mahasiswa semester dua sudah menguasai mata kuliah biologi”.

Nah itulah tadi pembahasan tentang contoh paragraf induktif berpola generalisasi. Semoga informasi yang singkat tadi dapat memberikan pencerahan bagi sobat abimuda yang sedang mencari contoh paragraf induktif generalisasi yang baik dan benar.