5 Langkah, Cara Membuat Karang Bahasa Indonesia yang Baik

Hello sobat abimuda  jumpa kembali dengan saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang langkah-langkah yang baik dalam membuat karangan.
Jika kemarin kita sudah belajar mengenai jenis-jenis karangan, kini tiba waktunya untuk kita merujuk pada materi yang berbeda, yakni seperti yang telah saya sampaikan di atas pembahasan kali ini tentang langkah-langkah membuat karangan yang baik.
Mungkin bagi sobat abimuda sudah pada tahu karangan itu apa, dan tentunya sudah sering mempraktikkannya. Namun terkadang kita lupa bahwa dalam membuat karangan terdapat beberapa hal yang harus diingat supaya karya kita baik, dan menarik untuk dibaca oleh semua orang.
Baiklah, supaya sobat abimuda tahu, berikut akan saya paparkan bagaimana cara atau langkah membuat karangan yang baik.

Seperti yang telah sobat abimuda  ketahui bahwa karangan merupakan rangkaian kalimat-kalimat yang isinya tentang ungkapan pikiran atau gagasan dari penulis dalam satu kesatuan tema yang utuh. Dapat diartikan bahwa paragraf dalam karangan tentu harus memiliki hubungan atau keterkaitan, sehingga membentuk kesatuan ide yang sepadan.

5 Langkah, Cara Membuat Karang Bahasa Indonesia yang Baik

Pada dasarnya fungsi dari sebuah karya adalah untuk menyampaikan suatu ide atau gagasan penulis mengenai topik-topik tertentu yang telah sobat abimuda pilih. Oleh karena itulah, hal yang paling penting diperhatikan adalah sejauh mana karangan tersebut dapat diserap dan dipahami oleh pembaca.
Maka dari itulah, seorang penulis harus memerhatikan beberapa syarat dalam membuat karya yang baik, hal itu supaya pembaca dapat memahami tulisan sobat dengan baik. Karena penulis yang baik adalah penulis yang dapat memahamkan pembacanya, begitu juga dengan karangan yang baik, yakni karangan yang bisa dipahami oleh pembaca.

Langkah awal yang harus sobat abimuda  lakukan adalah menentukan tema.

Menentukan tema merupakan hal yang perlu dipikirkan jika sobat abimuda ingin membuat karangan yang baik. Sebab dengan adanya tema yang menarik, maka pembahasan pun nantinya akan mengikuti arah tema tersebut.
Jadi sebelum menulis maka tentukanlah tema yang menarik terlebih dahulu.

Langkah yang kedua yakni menentukan judul.
Judul merupakan turunan dari tema, jika sobat abimuda ingin menghasilkan sebuah karya yang baik, perfik, maka pilihlah judul yang menarik seperti: “TIPS JITU MEMBUAT HUBUNGAN LANGGENG”, tentu dari judul itulah para pembaca penasaran dan ingin membaca karya anda. Dari situlah, akan timbul penilaian dari para pembaca.
Pada intinya, buatlah judul yang baik dan menarik.

Membuat kerangka karangan yang jelas.
Dalam mewujudkan sebuah karangan yang baik, tentu kerangka karangan haruslah sobat abimuda pikirkan dengan matang, sebab itu merupakan alur dari cerita yang akan sobat buat nanti.
Dalam membuat kerangka harus memerhatikan hal-hal berikut: perhatikan gagasan karangan sobat, sesuai dengan tema atau tidak, tentang pokok pikiran yang logis dan yang paling penting konsisten pada tema dan judul yang sudah sobat abimuda tentukan.

Perhatikanlah isi dari hasil karya sobat.
Memerhatikan isi karangan yang sudah sobat tuliskan menjadi langkah yang harus sobat perhatikan sejak sobat mulai menulis. Karena jika isi tidak nyambung maka yang ada karya sobat jadi amburadul.
Jadi pada intinya di sini, perhatikan isi dari karangan anda, baca berulang-ulang setelah selesai ditulis, kemudian ganti jika ada yang tidak sesuai dengan judul atau pun tema.

Perhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan EYD.
Penggunaan bahasa sangatlah penting, namun memang menyesuaikan dengan tema yang ingin sobat angkat. Misal tema yang sobat abimuda pilih tentang anak-anak muda dan kehidupannya, mungkin bahasanya tidak formal, bisa dengan bahasa santai. Namun sebaliknya, apabila sobat abimuda memilih tema tentang pendidikan maka gaya bahasa yang dipilih pun harus formal.

Kuasailah tema dan pokok bahasan yang ingin ditulis.


Nah itulah tadi pembahasan tentang langkah-langkah membuat karangan yang baik. Semoga ulasan yang sedikit tadi dapat bermanfaat bagi sobat abimuda  dimana pun berada.