4 Contoh Paragraf Campuran Singkat dan Menarik

Advertisement
ello sobat abimuda  dimana pun kalian berada. Jika kita kemarin sudah membahas berbagai macam paragraf mulai dari pengertian, bentuk-bentuk paragraf dan contoh dari paragraf masing-masing, kali ini masih membahas tentang contoh dalam paragraf. Namun paragraf yang kita bahas kali ini adalah contoh paragraf campuran.

Ok, tidak perlu lama-lama mari kita simak sama-sama ulasan berikut ini.

Sebelum saya menyajikan beberapa contoh paragraf campuran yang singkat dan menarik kali ini, akan saya ulas sedikit mengenai pengertian paragraf campuran. Sekedar mengingatkan saja supaya sobat abimuda tidak lupa dengan pembahasan yang kemarin di Pengertian Paragraf Campuran Dan Contohnya

Seperti yang telah sobat abimuda ketahui bahwa konsep dari paragraf campuran adalah suatu paragraf yang memiliki dua kalimat utama yang terdapat pada bagian awal dan bagian akhir paragraf. Kalimat utama yang terdapat dibagian awal paragraf memiliki fungsi sebagai pengantar ke dalam topik utama, sementara itu kalimat utama yang berada diakhir paragraf berperan sebagai kesimpulan atau penegasan.

Contoh paragraf campuran  yang singkat dan menarik
Nah berikut ini ada beberapa contoh paragraf campuran yang singkat dan menarik, di antaranya adalah:

Contoh 1:
Kehidupan di sebuah pedesaan sangat jauh berbeda dengan kehidupan di perkotaan. Suasana di desa sangatlah nyaman, hawanya sejuk dan jauh dari kebisingan selayaknya di perkotaan. Tidak hanya suasananya saja yang membuat orang-orang tinggal di pedesaan nyaman, namun  kerukunan antar warga yang masih sangat erat membuat hidup di desa semakin indah. Di pedesaan warganya masih menganut asas gotong royong dan peduli terhadap sesama. Tidak seperti penduduk di kota, yang sudah mulai acuh tak acuh terhadap sesamanya.Hampir tidak ada kriminal yang terjadi di desa. Oleh karena itulah, hidup di desa sangat menyenangkan, jika dibandingkan dengan hidup di perkotaan.

Contoh 2:
Dizaman sekarang ini facebook atau pun twiter telah menjadi teman dekat bagi anak-anak muda zaman sekarang. Mulai dari pagi sampai mau tidur lagi pasti tidak bisa lepas dari yang namanya facebook, pasti menyempatkan diri memperbaharui status. Mengobrol dengan teman lain di mediasosial facebook juga hobi mereka ketika sedang jenuh. Facebook dan twiter menjadi sarang berita terbaru, ajang mencari teman, bahkan sampai ada pula yang mencari jodoh. Facebook juga twiter memang sudah menjadi teman dekat bagi anak-anak muda dizaman sekarang ini.

Contoh 3:
Membersihkan rumah memang sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota keluarga. Karena rumah yang tampak bersih akan membuat semua penghuni merasa nyaman dan tenteram. Tidak hanya itu saja, dengan rutin membersihkan rumah kita tentu akan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak perlu setiap hari membersihkan rumah, tetapi cukup dua kali saja dalam seminggu. Itulah pentingnya jika selalu membersihkan rumah.

Contoh 4:
Kemarau yang panjang kali ini mampu menimbulkan permasalahan yang sangat besar bagi masyarakat. Banyak sekali kerugian-kerugian yang ditimbulkan dari bencana ini. Di antaranya: sumur-sumur yang mengering, dan debu-debu yang kemana-mana. Tentu hal tersebut membuat para warga kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan mengalami sulit nafas akibat debu. Tetapi, di antara semua itu para petanilah yang paling mengalami kerugian yang sangat besar, hal itu disebabkan karena ribuan hektar sawah yang mengalami gagal panen karena keringnya sawah-sawah mereka.Bahkan baru-baru ini kemarau panjang yang terjadi telah menyebabkan kebakaran hutan yang terjadi dimana-mana. Namun kejadian yang paling parah di propinsi Riau. Di daerah tersebut ribuan hektar hutan terbakar dan membuat daerah ttersebut diselimuti oleh asap yang pekat selama beberapa waktu lamanya. Oleh karena itulah kemarau panjang yang terjadi di tahun ini sangat merugikan bagi masyarakat.
 
Nah itulah tadi beberapa contoh paragraf campuran yang singkat dan menarik. Semoga dapat memberikan inspirasi bagi sobat abimudauntuk membuat paragraf campuran yang singkat dan menarik.