7 Faktor Yang mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Advertisement
Sebagai mana kita ketahui bahwa tumbuh dan berkembang merupakan ciri makhluk hidup. Namun tahukan anda bahwa beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan suatu makhluk hidup ? Apa saja kira-kira faktor itu ?

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan biakan makhluk hidup dapat kita golongkan ke dalam dua kata gori. Pertama, faktor  eksternal atau faktor yang datangnya dari luar dan kedua, faktor internal yang berasal dari dalam tubuh makhluk hidup itu sendiri.

Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

1. Makanan dan Air
Manusia dan makhluk hidup lainnya memerlukan makan dan air untuk terus tumbuh dan berkembang. Zat makanan sangat diperlukan sebagai sumber  energi  serata sumber materi bagi proses sintesis berbagai komponen sel untuk tumbuh dan berkembang.  Adapun air sangat berperan dalam berbagai proses pelarutan berbagai reaksi yang terjadai di dalam makhluk hidup. Kekurangan air akan berakibat fatal pada pertumbuhan dan perkembangan sebuah organisme. Pada tumbuhan, kekurangan air ini dapat menimbulkan sintesis absisin, yaitu sebuah hormon penghambat pertumbuhan.

2.  Cahaya
Cahaya diperlukan oleh semua makhluk hidup. Pada tumbuhan cahaya matahari berperan langsung dalam proses pembentukan makanan melalui proses fotosintesis serta berpengaruh pula pada pertumbuhan setiap organnya. Pada manusia, cahaya matahari juga sangat berperan dalam proses pertumbuhan. Salah satunya adalah pada proses pembentukan tulang.

faktor pertumbuhan


3. Suhu
Semua makhluk hidup memerlukan suhu tertentu untuk tetap hidup. Dalam kasus tumbuhan, suhu yang tidak sesuai dapat mempengaruhi pertumbuhan, reproduksi, fotosintesis, respirasi, dan transpirasi.

4. Oksigen
Oksigen dibutuhkan makhluk hidup untuk bernafas. Oksigen berfungsi untuk membakar zat makanan dan menghasulken energi. Energi inilah yang nantinya akan digunakan makhluk hidup untuk tumbuh, bergerak dan melakukan aktifitas sehari-harinya.

5. Kelembapan
Pada beberapa makhluk hidup, kelembapan sangat berperan dalam pertumbuhan. Pada tumbuhan misalnya, kelembapan udara yang rendah akan meningkatkan penguapan sehingga penyerapan air dan garam mineral terlarutpun semakin banyak. Keadaan ini akan memacau pertubuhan.

Faktor Internal yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

1.Gen
Berfungsi  mewariskan sifat melalui proses perkembangbiakan. Gen terdapat pada kromosom dan berperan sebagai pembawa kode pembentuk protein, enzim dan hormon yang sangat berperan penting dalam proses metabolisme untuk pengatur pertumbuhan.

2. Hormon
Dalam tubuh makhluk hidup terdapat hormon pertumbuhan. Hormon memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Kekurangan hormon pertumbuhan dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan mengakibatkan kekerdilan. Hormon pertumbuhan dalam tumbuhan disebut fitohormon. Adapun pada tubuh manusia, hormon pertumbuhan disebut samatotrof.