Ruang Lingkup Biologi dan Objek Biologi

Advertisement
Ketika kita ingin berbicara tentang ruang lingkup biologi, tentunya langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah memahami terlebih dahulu pengertian biologi itu sendiri. Istilah Biologi berasal dari dua kata bahasa Yunani; Bio dan Logos. Bio berarti hidup dan logos berarti ilmu.  Dengan demikian, biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang meneliti dan  mempelajari apa-apa yang berkaitan dengan hidup dan kehidupan.

Biologi memiliki cukup banyak cabang. Dan setiap cabang ilmu biologi memiliki objek penelitian tersendiri. Namun secara umum, objek biologi dapat  adalah semua jenis makhluk hidup yang ada di dunia ini dengan berbagai ragam bentuk dan jenisnya.Mulai dari tingkat molekul, sel, jaringan,organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, sampai tingkat bioma

Lalu apa saja yang menjadi ruang lingkup biologi ? Ruang lingkup biologi adalah  objek biologi mulai dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, sampai tingkat bioma dan permasalahan yang dikaji di dalamnya. 
Ruang lingkup biologi adalah objek biologi dan permasalahan yang ada di dalamnya.

Objek Ilmu Biologi

ruang lingkup biologi

Organisasi Tingkat Molekul
Molekul adalah organisasi fungsional tingkat biokimia. Melekul ialah kumpulan atom seperti atom hidrogen, karbon, nitrogen, dan oksigen yang saling menyatu. Contoh molekul antara lain, molekul air, glukosa, protein, dan DNA

Organisasi Kehidupan Tingkat Sel

Berbagai jenis molekul saling berikatan dan membentuk organel. Organel adalah subunit sel dengan fungsi spesifik, contohnya ribosom sebagai tempat sintesis protein. Sintesis protein ialah proses penyusunan protein. Berbagai senyawa serta organel berinteraksi satu sama lain membentuk suatu kesatuan yang disebut sel.

Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan

Jaringan ialah kumpulan sel yang mempunyai bentuk serta fungsi yang sama.Jaringan dapat kita temukan pada organisme yang memiliki sel banyak atau multiseluler.

 

Organisasi Kehidupan Tingkat Individu

Individu dapat diartikn sebagai makhluk atau organisme tunggal. Organisme ada yang memili sel satu ada pula yang memiliki sel banyak . Contoh organisme bersel satu adalah Bakteri dan protozoa.Satu bakteri dan satu protozoa kita katakan sebagai satu individu. Adapun organisme bersel banyak contohnya adalah manusia, kambing , pohon pisang, dan bunga melati. Dan kita bisa katakan bahwa seorang manusia, seekor kambing, sebatang pohon pisang, dan setangkai bunga melati adalah satu individu.

 

Organisasi Kehidupan Tingkat Komunitas

Kumunitas adalah kumpulan beberapa populasi yang menduduki suatu area dan saling berhubungan satu sama lainnya. Sedangkan Populasi adalah kumpulan beberapa individu.

Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem

Ekosistem merupakan unit fungsional yang mencakup organisme biotik beserta ingkungannya yang tidak hidup atau abiotik dalam hubungan saling memengaruhi dan berinteraksi. Komponen biotik ekosistem terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai.

Demikian penjelasan ruang lingkup biologi dan penjelasan singkat tentang beberapa objeknya.