Objek Biologi dan Permasalahan Pada tiap Tingkat Ruang Lingkup Biologi

Advertisement
Dalam artikel sebelumnya kita telah membahas perihal ruang lingkup biologi. Dan dapat kita simpulkan bahwa ruang lingkupnya adalah objek biologi, yaitu makhluk hidup dengan berbagai tingkatannya serta permasalahan yang ada di dalamnya. Lebih lanjut bisa dilihat di sini  Ruang Lingkup Biologi dan Objek Biologi

Dan pada artikel ini secara spesifik kita akan membahas mengenai tingkatan yang ada dalam ruang lingkup biologi beserta permasalahan yang ada di dalamnya.

Tingkat Molekul

Dalam tubuh makhluk hidup mengandung berbagai atom seperti karbon (C), oksigen (o), dan hidrogen (H). Atom-atom ini akan berkumpul dan membentuk kesatuan-kesatuan yang disebut molekul organik. Melekul-molekul organik kemudian akan saling melakukan interaksi dan akhirnya membentuk organel-organel yang mempunya fungsi tertentu.Ada empat jenis molekul organik yang kita kenal yaitu: 
  • molekul lipid
  • molekul protein
  • molekul karbohidrat
  • molekul asam nukleat

Contoh masalah biologi yang kerap muncul di tingkat molekul ini antara lain adalah virus.

Tingkat Sel

objek permasalahan biologi
Sel terbentuk dari interaksi antara molekul-molekul organik. Yang artinya sel merupakan tingkat organisasi di atas molekul.Semua makhluk hidup yang ada di dunia ini tersusun dari satu atau lebih sel. Organisme ber sel satu disebut uniseluler dan organisme yang memiliki banyak sel disebut multiseluler.
Permasalahan yang muncul pada tingkat sel antara lain perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Tingkat Jaringan

Jaringan adalah susunan sel-sel yang berbentuk yang sama dan memiliki suatu fungsi tertentu. Pada hewan, tubuh tersusun atas beberapa jaringan seperti epitelium, otot, ikat, tulang, dan saraf.Sedangkan pada tumbuhan, tubuh terdiri dari dari jaringan parenkimia, epidemis, kolenkimia, sklerentkimia, endodermis,xilem dan floem.

Tingkat Organ

Organ merupakan struktur di atas jaringan. Organ terdiri dari satuan beberapa jaringan yang membentuk suatu fungsi tertentu. Sebuah organ nantinya akan berinteraksi dengan organ lain dan membentuk sistem organ. Contoh sistem organ antara lain adalah sistem organ pencernaan yang tersusun dari beberapa organ seperti mulut, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus.

Contoh permasalahan dalam sistem organ antara lain adalah kasus pemisahan anak atau bayi kembar siam (gantet) yang harus dipisahkan dengan oprasi organ perut sehingga berdampak pada tidak lengkapnya organ pencernaan pada salah satu bayi.

Tingkat Individu

Individu merupakan makhluk hidup tunggal. Jika di dalam sebuah kelas ada 20 siswa dan 1 guru, maka kita dapat katakan bahwa dalam kelas tersebut terdapat 21 individu.

Tingkat Populasi

Populasi adalah kumpulan makhluk hidup sejenis yang menempati satu tempat atau daerah yang sama. Jika dalam contoh diatas kita katakan bahwa terdapat 21 satu individu yang terdiri dari siswa dan guru. Maka dapat kita simpulkan pula bahwa di kelas itu ada satu populasi, yaitu manusia.

COntoh permasalahan di tingkatan ini dapat muncul pada budidaya ikan mas yang membutuhkan individu sejenis yang unggul sehingga menghasilkan keturunan yang fertil.

Tingkat Ekosistem

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan. Beberapa contoh ekosistem antara lain ekosistem dataran rendah, ekosistem pegunungan, ekosistem air tawar dan ekosistem laut.

Permasalahan yang muncul pada tingkat ini antara lain, banjir, tanah longsor, polusi dan lain-lain.

Tingkat Bioma

Tingkatan berikutnya adalah bioma. Bioma tertbentuk dari ekosistem. Jenis-jenis bioma menurut garis lintang antara lain:
Bioma bioma gurun
Bioma padang rumput
Bioma hutan gugur
Bioma hutan hujan tropis
Bioma Taiga
bioma tundra

Objek Biologi dan Permasalahan Pada tiap Tingkat Ruang Lingkup Biologi, Semoga bermanfaat !