Tulisan Alhamdulillah Bahasa Arab yang Baik dan Benar


Sebagian kita mungkin sering sekali melafalkan dzikir hamdalah atau "alhamdulillah". Namun ternyata tidak sedikit juga diantara kita yang belum tahu bagaimana caranya menulis alhamdulillah bahasa arab dengan baik dan benar. Khususnya bagi mereka yang ingin menuliskannya di gadget atau komputer.

Bagi pengguna komputer, biasanya mereka terkendala dengan pilihan bahasa yang ada. Masih banyak komputer yang hanya mendukung satu atau dua bahasa; inggris (EN) atau Indonesia (IN) saja.

Tulisan Alhamdulillah Arab

Al hamdulillah memiliki makna "segala puji bagi Alloh". Kalimat ini terdiri dari tiga suku kata yaitu:

  • الحمد : puji
  • ل : untuk
  • الله : Allohla kita


Dan apabila kita gabungkan, maka menjadi الحمد لله dan bukan الحمد ل الله
Alhamdulillah arab tanpa harokat الحمد لله

Alhamdulillah arab dengan harokat اَلْحَمْدُلِلَّهِ


Tulisan alhamdulillahi Robbil Alamin

Adapun tulisan aran alhamdulillahi robbil alamin maka ditulis:
Tanpa harokat  الحمد لله رب العالمين
Dengan harokat َاَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْن

Dalil Keutamaan Alhamdulillah

  1. Diriwayatkan dari Al Aswad Rodhiyallahu anhu : “aku (Al Aswad) berkata : ‘wahai Rasulullah, bolehkan aku mendendangkan pujian, yang mana aku memuji Rabbku Tabaaroka wa Ta’alaa? Nabi Sholallahu ‘alaihi wa Salaam menjawab : “boleh, sesungguhnya Rabbmu Azza wa Jalla menyukai pujian”. ( HR. Ahmad)
  2. Jabir bin Abdullah berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw bersabda: “Sebaik-baik bacaan dzikir adalah: Laa ilaaha illallaah (tidak ada Tuhan selain Allah). Dan sebaik-baik dua adalah: alhamdulillaah (segala puji bagi Allah)” (HR. Turmudzi”).
  3. "Jika anak seseorang meninggal maka Allah berkata kepada para malaikatnya, "Apakah kalian telah mengambil nyawa putra hambaku?", mereka menjawab, "Iya". Allah berkata, "Apakah kalian telah mengambil buah hatinya?", mereka menjawab, 'Iya". Allah berkata, "Apakah yang diucapkan oleh hambaKu?", mereka berkata, "HambaMu memujimu dan beristrjaa' (mengucapkan innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji'uun)". Allah berkata, "Bangunkan bagi hambaKu sebuah rumah di surga dan namakan rumah tersebut dengan "Rumah pujian" (HR At-Thirmidzi)
  4. “Sesungguhnya Allah benar2 ridho terhadap hambaNya yang apabila makan dan minum kemudian memuji Allah atas nikmat makan dan minum” (HR Muslim)
Demikian cara menuli Alhamdulillah arab yang baik dan benar beserta beberapa keutamaannya. Semoga bermanfaat !