Pengertian dalil Aqli dan Naqli Beserta Contohnya

Advertisement
Di dalam Islam dikenal istilah dalil aqli dan dalil naqli. Dalil sendiri memiliki ma’na tuntunan,dasar atau landasan pengerjaan suatu ibadah atau keyakinan. Misal saja dalam ibadah sholat, kenapa sholat wajib ada lima waktu ? Jawabannya karena ada dalil yang memerintahkannya. Dan dalil ini menjadi dasar dikerjakannya sholat wajib sebanyak lima kali dalam sehari semalam.

Adapun pengertian dalil Naqli adalah dalil yang bersumber dari Al qur’an, As Sunnah dan Ijma’ para ulama yang diambil dari intisari Al qur’an dan As sunnah. Dalil ini merupakan dalil pokok yang menjadi dasar dalam penetapan hukum islam dan Aqidah.

Adapun pengertian dalil aqli adalah dalil yang didasarkan akal pikiran manusia. Dalil ini tidak bisa dijadikan sandaran mutlak. Namun dalil ini seringkali digunakan untuk memperkuat dalil-dalil naqli yang ada.
dalil aqli dan naqli


Contoh :
Alloh Azza Wa Jalla berfirman: “Dan sungguh jika kamu bertanya kepada mereka: “Siapakah yang menciptakan mereka, niscaya mereka menjawab: “Allah”, maka bagaimanakah mereka dapat dipalingkan (dari menyembah Allah)?, (az-Zukhruf:87)

Ini merupakan dalil naqli dari al qur’an tentang adanya Alloh sebagai pencipta semua makhluk yang tentunya tidak diragukan lagi oleh seorang mu’min. Adapun dalil aqli (akal) tentang persoalan ini antara lain:

a. Teori Sebab.
Segala sesuatu pasti ada sebab yang melatarbelakanginya. Adanya sesuatu pasti ada yang mengadakan, dan adanya perubahan pasti ada yang mengubahnya. Mustahil sesuatu ada dengan sendirinya. Mustahil pula sesuatu ada dari ketiadaan. Pemikiran tentang sebab ini akan berakhir dengan teori sebab yang utama (causa prima), dia adalah Tuhan.

b. Teori Keteraturan.

Alam semesta dengan seluruh isinya, termasuk matahari, bumi, bulan dan bintang-bintang bergerak dengan sangat teratur. Keteraturan ini mustahil berjalan dengan sendirinya, tanpa ada yang mengatur. Siapakah yang mempu mengatur alam semesta ini selain dari Tuhan?

Nah demikian kira-kira pengertian dalil aqli dan naqli dalam perspektif islam. Dan para ulama' menegaskan bahwa sebenarnya landasan yang paling mendasar dalam islam adalah dalil naqli yang merupakan perwujudan dari Al qur'an dan As Sunnah. Adapun dalil aqli hanyalah penguat yang akan menambah keyakinan akan hikmah dibalik setiap ketentuan syariat.