Objek Dan Ruang Lingkup Sosiologi

Advertisement
Alangkah baiknya sebelum kita memasuki judul kita”Objek Dan Ruang Lingkup Sosiologi”. Mari kita ketahui dahulu tentang ilmu Sosiologi ini. Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, sedangkan Logos yang berarti Ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan untuk  pertama kalinya oleh seorang ilmuan August Comte (1798-1857), dalam buku nya yang bejudul “Cours De Philosophie Positive”. Walaupun banyak definisi tentang sosiologi (lihat: 20 Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli ) namun pada umumnya sosiologi dikenal sebagai Ilmu yang mempelajari tentang Masyarakat.

Taukah sobat? Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial dan asal-usulnya, pengembangan, organisasi dan lembaga sosial. Sosiologi fokus pada hubungan-hubungan antar manusia dan hubungannya dalam masyarakat. Sosiologi biasanya digunakan untuk memahami latar belakang, susunan dan pola kehidupan masyarakat. Sosiologi mempunyai objek dan ruang lingkup yang membatasi kajiannya. Apa sajakah itu?. Nah langsung saja mari kita bahas Objek dan Ruang lingkup Sosiologi di bawah ini.

objek sosiologi

1. Objek Sosiologi

Objek sosiologi merupakan masyarakat, karena terdiri dari sekumpulan manusia yang telah lama bersama dan saling berinteraksi. interaksi tersebut acap kali menghasilkan nilai dan norma untuk mengatur kehidupan di dalam sebuah masyarakat. Selain objek utama, sosiologi juga memiliki beberapa objek lain yakni sebagai berikut ini :

a. Objek sosiologi material

Objek sosiologi material adalah benda fisik, sumber daya, dan tempat yang dapat mempengaruhi kebudayaan di masyarakat.

b. Objek sosiologi non material
Objek sosiologi non material adalah budaya dan adat istiadat.

c. Objek sosiologi formal
Objek sosiologi formal  adalah manusia sebagai makhluk sosial dan anggota masyarakat.

d. Objek sosiologi budaya
Objek sosiologi budaya  adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hubungan satu dengan yang lain.

e. Objek sosiologi agama
Objek sosiologi agama yang dapat menjadi pemicu hubungan sosial masyarakat dan mempengaruhi hubungan manusia.

2. Ruang Lingkup Sosiologi

Sosiologi mempelajari struktur sosial yang meliputi perubahan sosial. Ruang lingkup sosiologi lebih luas dari kebanyakan ilmu sosial lainnya karena mencakup hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok di dalam masyarakat. Karena dasar penelitian sosiologi merupakan penggabungan data dari berbagai ilmu pengetahuan, maka ruang lingkup kajian sosiologi dapat dirinci sebagai berikut ini :

a. Ekonomi yang berhubungan dengan produksi dan pengolahan sumber daya alam.
b. Manajemen untuk membuat kajian tentang apa yang dialami masyarakat.
c. Sejarah yang berhubungan dengan catatan kronologis suatu peristiwa.

Demikian pembahasan singkat tentang Objek dan Ruang Lingkup Sosiologi, semoga dapat menambah pengetahuan bagi para pembacanya dan semoga bermanfaat, terakhir mari kita berdo’a untuk saudara-saudara kita yang berada di Provinsi Jambi dan Riau yang terkena dampak asap sampai berminggu-minggu semoga Allah swt. memberi kemudahan kepada mereka dalam segala hal. Amin Yaa Robbal ‘Alamin.