Macam-macam Nilai Sosial Menurut Prof. Dr. Notonegoro dan Walter G Everett

Advertisement

Nilai sosial dalam sosiologi bersifat abstrak karena nilai tidak dapat dikenali dengan panca indra. Nilai hanya dapat ditangkap melalui benda atau tingkah laku yang mengandung nilai itu sendiri. Nilai (value) mengacu pada pertimbangan terhadap suatu tindakan, benda, cara untuk mengambil keputusan apakah sesuatu yang bernilai itu benar (mempunyai nilai kebenaran), indah (nilai keindahan/estetik), dan religius (nilai ketuhanan).

A.Nilai Sosial menurut Prof. Dr. Notonegoro

Nilai Sosial Menurut Prof. Dr. Notonegoro

Menurut pakar sosiologi asal Indonesia ini, Nilai sosial dapat dikelompokkan kedalam tiga kelompok, antara lain :
1).Nilai material, Nilai material adalah segala sesuatu yang berguna bagi jasmani/unsur fisik manusia.

2).Nilai vital, Nilai vital adalah segala sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melakukan suatu kegiatan dan aktivitas.

3).Nilai kerohanian, Nilai kerohanian adalah segala sesuatu yang berguna bagi batin (rohani) manusia. Nilai kerohanian manusia dibedakan menjadi empat macam, yaitu:
  • nilai kebenaran adalah nilai yang bersum-ber pada unsur akal manusia;
  • nilai keindahan adalah nilai yang bersumber pada perasaan manusia (nilai estetika);
  • nilai moral (kebaikan) adalah nilai yang bersumber pada unsur kehendak atau kemauan (karsa dan etika);
  • nilai religius adalah nilai ketuhanan yang tertinggi, yang sifatnya mutlak dan abadi.

B.Menurut Walter G. Everett

Adapun menurut walter G Everent, nilai Sosial dibagi menjadi lima bagian sebagai berikut :
1) Nilai-nilai ekonomi (economic values) yaitu nilai-nilai yang berhubungan dengan system ekonomi. Hal ini berarti nilai-nilai tersebut mengikuti harga pasar.

2) Nilai-nilai rekreasi (recreation values) yaitu nilai-nilai permainan pada waktu senggang, sehingga memberikan sumbangan untuk menyejahterakan kehidupan maupun memberikan kesegaran jasmani dan rohani

3) Nilai-nilai perserikatan (association values) yaitu nilai-nilai yang meliputi berbagai bentuk perserikatan manusia dan persahabatan kehidupan keluarga, sampai dengan tingkat internasional.

4) Nilai-nilai kejasmanian (body values) yaitu nilai-nilai yang berhubungan dengan kondisi jasmani seseorang

5) Nilai-nilai watak (character values) nilai yang meliputi semua tantangan, kesalahan pribadi dan sosial termasuk keadilan, kesediaan menolong, kesukaan pada kebenaran, dan kesediaan mengontrol diri.

Baca Juga:

Sekian dari kami penjelasan tentang Macam-macam Nilai Sosial menurut Prof. Dr. Notonegoro dan Walter G Everett, tunggu artikel-artikel kami yang lainnya.