Contoh Konflik Sosial (pertentangan) Yang Disebabkan Oleh Status Sosial

Advertisement
Contoh Konflik Sosial (pertentangan) Yang Disebabkan Oleh Status Sosial| Pengertian konflik menurut Taquiri dalam Newstorm dan Davis adalah warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat daripada berbangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontraversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara terus-menerus.

Baca pengertian konflik menurut para ahli di:Pengertian Konflik Sosial dan Contoh Konflik Sosial
Sedangkan status sosial adalah kedudukan seseorang dalam masyarakat. Status sosial berhubungan erat dengan hak dan kewajiban. Status sosial memberi bentuk dan pola pada interaksi sosial. Dengan demikian berarti interaksi sosial berhubungan erat dengan status sosial.

Dalam kehidupan masyarakat sering timbul pertentangan yang dialami seseorang sehubungan dengan status yang dimilikinya. Konflik status yang timbul dalam masyarakat, antara lain berikut ini.
  
a. Konflik status individual, yaitu konflik yang terdapat dalam diri pribadi seseorang (batin sendiri) Contoh: seorang siswa SMA harus memilih antara keinginan bekerja atau mengikuti keinginan ibunya untuk kuliah

b. Konflik status antar kelompok, yaitu konflik yang terjadi karena satu kelompok merugikan kelompok lain. Contoh: peraturan yang dikeluarkan Pemda bertentangan dengan peraturan yang ada di pusat.

c. Konflik status antarindividu, yaitu konflik status yang terjadi antara individu yang satu dengan individu yang lain. Contoh: seorang polisi harus menangkap pencuri, padahal pencuri tersebut anaknya sendiri.

Baca Juga:
Itulah tadi contoh konflik sosial yang disebabkan oleh status social, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian…