Pengertian + 10 Contoh Kalimat Majas Aliterasi

Advertisement
Untuk membuat contoh majas aliterasi mungkin terasa agak susah. Bahkan artikel yang memuat contoh-contohnya pun terbilang sedikit. Namun masalah ini sebenarnya bisa dipecahkan dengan mudah jika kita memahami pengertian aliterasi terlebih dahulu.

Jika sudah faham pengertiannya dengan baik, baru kita akan dapat temukan majas ini toternyata banyak digunakan pada bait-bait puisi. Bahkan berbekal pemahaman itu, sobat juga bisa membuat contoh majas sendiri.

pengertian contoh majas aliterasi

Pengertian Majas Aliterasi

Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, diterangkan bahwa majas aliterasi adalah Repetisi konsonan pada awal kata secara berurutan.Atau bahasa sederhananya adalah pengulangan bunyi hurup pada awal kata.

Artinya pada satu kalimat, terdapat dua kali atau lebih bpengulangan bunyi awalan kata yang sama.Gaya bahasa semacam ini banyak kita temukan pada puisi.

Contoh Majas Aliterasi


  1. Susuri sungai Sebrangi samudra
  2. Senyum sopan sapa sesama
  3. Mengenang masa muda mulia
  4. Lintasi laut lewati lalang
  5. Merajut cita memupuk asa
  6. Mondar-mandir mencari makan
  7. Susah senang sehidup semati
  8. Sorak sorai suara singa
  9. Tidur terbujur tinggalkan tangis
  10. Kau kuatkan kalbunya
Baca Juga:
Semoga contoh majas aliterasi diatas bisa memberikan gambaran yang cukup jelas buat sobat sekalian. Nah sekarang giliran sobat yang harus mencoba membuatnya sendiri. Namanya juga belajar, jadi tidak perlu takut mencoba. Selamat belajar !!