Belajar Cara atau Teknik Membaca Cepat disertai Rumus Menghitung Kecepatan Membaca dan Pemahaman

Advertisement
Membaca dengan teknik cepat termasuk dalam jenis membaca ekstensif. Dengan membaca cepat anda dapat mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dalam waktu yang relatif singkat. Cara membaca dengan teknik cepat ini sebenarnya hanya dianjurkan digunakan untuk memahami bacaan-bacaan yang ringan saja dan tidak memerlukan pemahaman yang mendalam.

Contoh bacaan yang cocok untuk teknik membaca cepat antara lain cerpen, novel, artikel, berita, atau bacaan yang ringan dan tidak memerlukan penalaran yang mendalam.

Lalu berapa waktu yang standar yang dibutuhkan dalam membaca cepat ? Menurut penelitian, bedasarkan jenjang pendidikan masing-masing pembaca, standar kecepatan membaca dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • SD     =  80–140 Kpm
  • SMP   =  140–175 Kpm
  • SMA  =  175–245 Kpm
  • PT      =  245–280 Kpm

Langkah-langkah Membaca Cepat

Agar anda dapat mempraktikan teknik membaca cepat yang akan berdampak positif pada efektifitas membaca anda perlu memperhatikan langkah-langkah berikut.
  1. Bacalah teks bacaan dengan penuh konsentrasi.
  2. Cari kata kunci di setiap paragraf atau sub bab.
  3. Sebisa mungkin hindarilah membaca dengan pengulangan atau regresi.
  4. Dapatkanlah pemahaman secara umum saja, bukan dari detail rincian informasi saja.
  5. Temukan informasi dari hasil membacamu.

Rumus Kecepatan Membaca dan Pemahaman

Dalam pelajaran ini, kita tidak sekedar menonjolkan kecepatan membaca saja. Namun, pemahaman dan daya serap informasi juga harus terukur. Karena pada dasarnya membaca adalah proses mencari informasi dari ragam topik yang kita baca. Nah untuk mengukur seberapa efektif kegiatan membaca cepat yang anda lakukan, anda dapat menggunakan rumus berikut:

Rumus:
* KM = JK/JW
* KP = JSB/JSS
* KEM = KM X KP

Keterangan:
KM = Kecepatan Membaca
JK = Jumlah Kata
JW = Jumlah Waktu untuk Membaca
KP = Kemampuan Pemahaman
JSB = Jumlah Soal yang Dijawab dengan Benar
JSS = Jumlah Soal Seluruhnya
KEM = Kemampuan Efektif Membaca

Nah, sekarang anda bisa berlatih sendiri di rumah. Untuk mengukur kecepatan dalam membaca coba cari teks bacaan sedang antara 500-1000 kata. Usahakan cari bacaan yang memiliki pertanyaan atau tes pemahaman seperti yang biasa kita dapatkan dalam teks buku pelajaran  bahasa Indonesia.

Sekian info seputar belajar cara membaca cepat yang bisa Abimuda sajikan, semoga bermanfaat untuk sobat semua.