Tabel Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel hewan

Advertisement
Jika kita bicara tentang struktur sel secara global, maka perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan sebenarnya nyaris tidak ada. Pada pembahasan tentang Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan dijelaskan bahwa semua sel terdiri dari dua bagian pokok, yaitu memberan sel (dinding sel) dan protoplasma yang tersusun atas sitoplasma dan organel-organel yang jumlahnya cukup banyak.

Namun  jika kita perinci lagi perbedaan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewanakan tambak pada bentuk sel dan jumlah atau jenis komponen-komponen yang membangun sebuah organel sel.  Berikut tabel perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan



A. Selulosa

Memberan sel pada hewan maupun tumbuhan sama-sama tersusun atas lemak dan protein. Bedanya pada sel tumbuhan memberan dilapisi oleh dinding yang terbuat dari selulosa yang merupakan karbohidrat yang cukup sulit untuk dicerna. Adapun sel hewan tidak memiliki dinding semisal yang terbuat dari selulosa.

B. Plastisida

Plastisida merupakan organel yang menghasilkan kloroplas yang berperan dalam proses fotosintesis. Jenis organel ini tidak dimiliki oleh hewan.

C. Elistisitas Bentuk Sel

Pada memberan sel hewan tidak terdapat dinding keras yang terbuat dari selulosa. Hal ini menjadikan sel hewan lebih elastis dan dapat berubah-ubah bentuk. Berbeda dengan sel hewan yang cenderung keras dan memiliki bentuk tetap sebagai dampak adanya dinding pelapis memberan yang terbuat dari selulosa.

D. Sentrosoma

Sentrosom atau sentrosoma merupakan wilayah yang terdiri dari  sepasang sentriol yang terjadi ketika pembelahan sel, dimana nantinya tiap sentriol ini akan bergerak ke bagian kutub-kutub sel yang sedang membelah. Intinya sentrosoma merupakan organel yang berperan dalam proses pembelahan sel dan hanya terdapat pada hewan.

E. Jumlah Mitokondria

Mitokondria merupakan penghasil energi bagi sel. Mitrokondria pada sel hewan lebih banyak ketimbang jumlah mitrokondria pada sel tumbuhan.

F. Jumlah dan Ukuran Vakuola

Vakuola merupakan ruangan sel. Pada sel hewan vakuola berukuran kecil namun memiliki jumlah yang banyak. Adapun pada sel tumbuhan vakuola berukuran relatif besar yang berisi banyak cadangan makanan dan pigmen warna.

 Baca: Struktur dan Fungsi Membran Sel
Nah itulah berbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan. Semoga setiap ilmu tentang makhluk ciptaan Alloh dapat menambah keimanan kita padaNya.