Pedoman Pemilihan Pengawas SMA Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015

Advertisement
Berikut ini adalah link download Pedoman Pedoman Pemilihan Pengawas  SMA Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015 yang diselanggarakan oleh Kemendikbud. Sebelum mendownload silahkan baca terlebih dahulu kutipan kata pengantar oleh Direktur Pembinaan PTK Dikmen.


KATA PENGANTAR

Pengawas Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai tenaga kependidikan mempunyai peran sangat strategis di dalam meningkatkan kinerja sekolah melalui pembinaan dan pengawasan di bidang akademik dan manajerial. Untuk melaksanakan peran strategis itu, pengawas SMA harus memenuhi kompetensi seperti yang diatur dalam Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas SMA/Madrasah.

Pengawas SMA berprestasi adalah mereka yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian pengembangan, dan kompetensi sosial, serta secara nyata mampu meningkatkan mutu sekolah. Sehubungan dengan itu, pengawas SMA yang berprestasi sudah selayaknya diberi penghargaan.

Pemilihan pengawas SMA berprestasi merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah bagi mereka yang berhasil meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya. Melalui penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan motivasi dan profesionalisme pengawas SMA yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Pedoman ini memuat pendahuluan, persyaratan peserta, tingkat dan bentuk penghargaan, kepanitiaan, dan proses penilaian, waktu pelaksanaan, dan pembiayaan untuk menjadi acuan bagi panitia penyelenggara pemilihan di semua tingkatan. Pemilihan pengawas SMA berprestasi merupakan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi pengawas SMA.

Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan pengawas SMA berprestasi, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Kami harapkan pelaksanaan pemilihan Pengawas SMA berprestasi tahun 2015 ini dapat lebih berkualitas, baik dalam penyelenggaraannya maupun hasilnya sehingga upaya tersebut dapat mempercepat tercapainya standar mutu pendidikan nasional. (selesai)

LINK DOWNLOAD:
Silahkan klik DI SINI