Bantuan Bidikmisi Pengertian, Misi, Tujuan dan Sasarannya

Advertisement
Bidikmisi sebenarnya bukanlah beasiswa yang identik dengan pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi. Bidikmisi merupakan bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah bagi mereka yang memiliki potensi tingggi namun tidak memiliki finansial yang mencukupi untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Berbagai jenis beasiswa dan atau bantuan biaya pendidikan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun dari dunia usaha atau industri sebenarnya sudah banyak diluncurkan. Akan tetapi bantuan yang diberikan relatif belum dapat memenuhi kebutuhan studi, jumlah sasaran dan belum menjamin keberlangsungan studi mahasiswa hingga selesai.

Sehingga pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mulai tahun 2010 meluncurkan Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bantuan bidikmisi Dikti

MISI BIDIKMISI

  1. Menghidupkan harapan bagi masyarakat tidak mampu dan mempunyai potensi akademik baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi;
  2. Menghasilkan sumber daya insani yang mampu berperan dalam memutus mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

TUJUAN BIDIKMISI

  1. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik;
  2. Memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu;
  3. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
  4. Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif;
  5. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

SASARAN BIDIKMISI

Sasaran program adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun tersebut atau sudah lulus satu tahun sebelumnya yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik. Yang artinya bahwa ijazah yang akan digunakan dalam pendaftaran bidikmisi maksimal berumur satu tahun.

Nah bagi sobat arabiyana lulusan tahun lalu atau yang akan lulus tahun ini bisa mencoba mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan ini. Dan jangan lupa ikuti terus info dan syarat pendaftaran bidikmisi tahun 2015 .