Unas Tetap dipertahankan, Anies Baswedan Pastikan Fungsi Unas 2015 Sebagai Pemetaan

Advertisement
Unas 2015Belakangan ini santer diberitakan bahwa Ujian Nasional(UNas) untuk tahun 2015 bakal berganti nama menjadi Evaluasi Nasional (ENas).

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh anggota BSNP Teuku Ramli Zakaria  di Jakarta beberapa waktu yang lalu."Kami berharap pekan depan sudah ada titik jelasnya. Sekarang masih tahap usulan dari unas menjadi evaluasi nasional,"

Namun Setelah memberi arahan pada jajaran dinas pendidikan provinsi dalam pertemuan tertutup yang membahas skema penyiapan logistik ujian nasional (unas) 2015,Mendikbud Anies Baswedan menegaskan, bahwa sampai saat ini nama resminya masih Unas 2015. "Kita belum bicara nama baru. Termasuk yang sudah ramai diberitakan (evaluasi nasional/enas, red)," ujar Anies di kantor Kemendikbud kemarin.

Walaupun demikian Anies menegaskan bahwa Unas 2015 bakal mengalami modifikasi. Baik dari teknis pelaksanaan hingga konsep penyelenggaraannya. "Jangan menyimpulkan dulu Unas 2015 sama dengan Unas 2014. Kita pastikan Unas 2015 fungsinya sebagai pemetaan," katanya.

Pemetaan yang dimaksud itu meliputi kemampuan siswa, orangtua siswa, sekolah, pemerintah kabupaten/kota, hingga pemerintah provinsi. "Beda lainnya seperti apa" Kita selesaikan urusan logstik dulu," tutur Anies.

Baca Juga: