Jadwal Unas/UN SMA-SMK tanggal 13-15 April 2015

Advertisement

Unas atau UN untuk jenjang SMA sederajat tahun ini telah dijadwalkan oleh pemerintah akan dilaksanakan pada tanggal 13 April 2015.

Sedangkan mata pelajaran yang akan diujikan pada UN tahun ini nampaknya tidak mengalami perubahan. Ada enam mapel yang akan diujikan untuk setiap jurusan. Sehingga ditaksir ujian akan berlangsung selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 13 sampai dengan 15 April 2015.

Jadwal UN SMA
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam menjelaskan, jadwal pelaksanaan unas itu sudah tertuang dalam Prosedur Operasional Standar (POS) yang akan dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

"POS itu memang sampai saat ini belum resmi dikeluarkan. Karena ada revisi-revisi," kata Nizam di Jakarta kemarin. Meskipun ada sejumlah revisi, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta itu memprediksi revisi tidak akan menyentuh tanggal pelaksanaan unas.

Adapun untuk UN atau Unas untuk jenjang SMP/MTs/SMPLB rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 27-30 April 2015. Yang artinya jadwal ini sedikit lebih awal dari jadwal sebelumnya yang tertuang dalam Permendikbud No. 144 Tahun 2014 tentang pelaksanaan UN sebagaimana telah kami muat beberapa waktu yang lalu.

Silahkan Baca: Jadwal Pelaksanaan UN untuk SMP/SMA Tahun 2015




Terkait dengan Unas tahun 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan beberapa waktu yang lalu telah menjanjikan bahwa akan ada yang berbeda pada Unas 2015 kali ini. Ujian Nasional rencananya akan difungsikan sebagai pemetaan.Yakni pemetaan kompetensi siswa, sekolah, hingga pemerintah daerah. Dengan demikian, dominiasi peran unas sebagai penentu kelulusan siswa rencananya mulai dikurangi.

Bahkan dalam permendikbud 144 tahun 2014 pun sudah diatur bahwa nilai akhir siswa diperoleh dari nilai sekolah ditambah nilai UN dengan perbandingan 50:50. Berbeda dengan tahun kemarin yang menempatkan nilai sekolah hanya 40% dan nilai Ujian Nasional sebanyak 60%.

Wal hasil, sebari menunggu Prosedur Operasional Standar (POS) yang sedang digodog BNSP benar-benar final, alangkah baiknya para siswa mempersiapkan diri sematang mungkin untuk menghadapi Unas. Banyak latihan dan memperhatikan kisi-kisi UN yang telah dibagikan oleh pemerintah melalui BSNP tentunya menjadi hal yang wajib ditekuni sejak awal semester ini.

Jangan lengah dan tetap fokus belajar. Jangan hanya berpangku tangan dan mengharap akan mendapatkan bocoran saat UN berlangsung nanti. Keep smile and spirit !!

Penting: Update Jadwal UN SMP dan SMA Sederajat