Profil Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia Anies Baswedan

Advertisement
Akhirnya kabinet bentukkan presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi-Jusuf Kala diumumkan juga.Setelah ditunggu sekian lama,akhirnya pada hari rabu 22 ktober 2014 Jokowi mengumumkan secara resmi ke 34 mentri pilihannya termasuk di dalamnya Anis Baswedan sebagai Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia ke-26 menggantikan Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh.
Profil Anies Baswedan
Anies Baswadan, Mentri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah

Cucu dari pejuang kemerdekaan Indonesia, Abdurrahman Baswedan ini sebenarnya sudah lama diprediksikan akan mengisi kabinet Jokowi-Jk. Hal ini lantaran tokoh intelektual dan akademisi yang pernah meramaikan Bursa calon presiden Partai Demokrat ini diketahui sebagai salah satu pilar dibalik kesuksesan pemenangan Jokowi- JK pada pemilu presiden 2014.

Anis mendapatkan gelar s1 nya dari Fakultas Ekonomi universitas Gajah Mada pada tahun 1995 dan Sempat bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM. Anies Baswedan meraih gelar master dari School of Public Affairs, University of Maryland, College Park, pada tahun 1997. Dua tahun kemudian, tokoh yang terkenal sebagai penggagas dan penggerak gerakan “Turun Tangan” ini memperoleh gelar doktor dari Northern Illinois University.

Profil Lengkap Anis Baswedan

Nama  : Anis Rasyid Baswedan Ph.D
TTL   : Kuningan 7 Mei 1969
Istri : Fery Farhati Ganis
Anak  : Kaisar Hakam, Nikail Azizi, Mutiara Annisa, Ismail Hakim
Pendidikan : UGM(S1), Universitas of Maryland (S2), , Northern Illinois University (S3)
Karir intelektual: peneliti Pusat Antar-Universitas Studi Ekonomi UGM, Manajer Riset IPC, Inc. di Chicago Amerika Serikat, Kemitraan untuk Reformasi Tata Kelola Pemerintahan, Direktur Riset Indonesian Institute Center, Rektor Universitas Paramadina, Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar , dan lain-lain