Sekilas Tentang Universitas Islam Madinah (UIM)

Advertisement

Universitas Islam Madinah (UIM) atau dalam bahasa Arab lebih dikenal dengan sebutan Al Jaami'ah Al Islamiyah merupan salah satu Universitas Negeri ternama yang bernaung di bawah Kementrian Pendidikan Tinggi Kerajaan Saudi Arabia.

Didirikan berdasarkan keputusan Raja No.11 tanggal 25 Rabiul Awwal 1381 H atau bertepatan dengan 6 September 1961 M.Universitas Islam Madinah terletak di Kota Madinah Munawaroh yang berjarang sekitar 10 KM saja dari Masjid Nabawi yang merupakan masjid teragung kedua untuk umat islam sekaligus icon sejarah perkembangan Islam pasca hijroh.

TUJUAN DIDIRIKANNYA UNIVERSITAS ISLAM MADINAH (UIM)

Dari semula nampaknya UIM memang didesain sebagai perguruan tingga yang berkonsentrasi dalam pengembangan pendidikan Islam. Hal ini sangat jelas sekali tersirat pada nama dan tujuan-tujuan yang disusun oleh para pendirinya yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menyampaikan risalah Islam ke penjuru dunia melalui da'wah, pendidikan sarjana dan pasca sarjana.
  2. Menanam dan mengembangkan ruh keislaman serta pendalaman pengamalan agama dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat yang dilandaskan pada keikhlasan beribadah kepada Alloh dan mutaba'ah (mengikuti) terhadap Rasulalloh.
  3. Melakukan proses penelitian ilmiyah,terjemahnya,penyebarannya serta memberikan dorongan khususnya berkenaan dengan ilmu-ilmu keislaman dan bahasa Arab juga cabang-cabang ilmu lainnya yang dibutuhkan oleh umat islam secara luas.
  4. Mendidik para mahasiswa yang berasal dari seluruh dunia dan melahirkan para ulama yang memiliki spesifikasi di bidang ilmu Islam dan bahasa Arab juga para fuqoha' yang memilki bekal ilmu dan pengetahuan memadai yang akan membantunya untuk menda'wahkan Islam dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi kaum mslimin baik dalam usrusan agama maupun keduniannya sesuai petunjuk Al qur'an, sunnah dan pengamalan para salaf.
  5. Mengumpulkan warisan Islam, menjaga,melestarikan dan menyebarkannya. Mengadakan kerjasama dibidang ilmu dan pengetahuan dengan berbagai universitas dan yayasan pendidikan di seluruh dunia dan mengakomodirnya sebagai bentuk pelayanan terhadap Islam dan realisasi berbagai tujuannya.


FAKULTAS-FAKULTAS YANG TERSEDIA DI UNIVERSITAS ISLAM MADINAH (UIM)

Beberapa fakultas yang dimiliki Universitas Islam Madinah antara lain yaitu:
  1. Fakultas Syari'ah
  2. Fakultas Da'wah dan Usuluddin
  3. Fakultas Alqur'an dan Pendidikan Islam
  4. Fakultas Bahasa Arab
  5. Fakultas Hadits dan Pendidikan Islam
  6. Fakultas Computer
  7. Fakultas Kedokteran (dalam proses)
  8. Fakultas Teknik
  9. Fakultas Fakultas Sains
  10. Fakultas Ekonomi (dalam proses)


BEASISWA UNIVERSITAS ISLAM MADINAH

Universitas Islam Madinah memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa Islam asal Arab Saudi maupun dari luar. Konon kabarnya jumlah mahasiswa luar negeri yang belajar di UIM mencapai 80% dari seluruh jumlah mahasiswa. Sedangkan untuk Indonesia sendiri rata-rata jumblah penerimaan setiap tahunnya kurang lebih mencapai 150-an mahasiswa dan merupakan jumlah terbesar dibanding negara-negara lain.

Demikian profil singkat Universitas Islam Madinah semoga dapat bermanfaat bagi saudara pembaca.