Apa itu SIM Sarpras ?

Advertisement

Selama ini mungkin masih ada teman-teman yang belum tahu apa itu SIM Sarpras. Baiklah pada artikel berikut ini saya akan coba berbagi kepada anda apa itu  SIM sarpras  dan kegunaannya.

SIM Sarpras merupakan singkatan dari Sistem Informasi  Sarana dan Prasarana . Aplikasi ini merupakan sistem baru yang diluncurkan kemenag sebagai usaha transparasi dan akuntabilitas bantuan pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana semua madrasah yang berada di lingkungan kemenag.

“Untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, Direktorat Pendidikan Madrasah akan memberlakukan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sarana dan Prasarana (Sarpras),” terang M. Nur Kholis Setiawan sebagaimana dilansir oleh www.kemenag.go.id


SIM Sarpras merupakan aplikasi berbasis online yang bisa diakses oleh setiap madrasah untuk mengajukan permohonan penambahan maupun perbaikan sarana dan prasarana seperti ruang kelas, perpustakaan, LAB dan lain-lain.

Madrasah dalam hal ini dituntut untuk melaporkan sedetai-detailnya tentang keadaan sarpras sekolah lantas menulis permohonan lewat aplikasi ini. Nantinya permohonan akan masuk terlebih dahulu ke akun SIM Sarpras kota/kabupaten untuk diadakan ferifikasi dan selanjutnya dikirim ke penanggung jawab SIM Sarpras Provinsi untuk diadakan perifikasi ulang dan terakhir ke SIM Sarpras pusat sebagai pemegang wewenang untuk menindak lanjuti permohonan yang diajukan oleh madrasah yang bersangkutan.

Selain permohonan SIM sarpras juga digunakan untuk melaporkan pelaksanaan setiap bantuan yang digelontorkan untuk pengembangan serta perbaikan sarana dan prasarana madrasah. Sehingga kelak sistem baru ini  diharapkan dapat mempermudah perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring dan evalusi dalam pelayanan bantuan.

Untuk login ke aplikasi SIM Sarpras Kemenag anda dapat kunjungi link:
http://sarprasmadrasah.kemenag.go.id/sarpras/.


Jendela Login SIM Sarpras

Cukup jelas bukan, untuk cara login dan pengiriman permohonan baca : Cara Login SIM Sarpras dan Mengajukan Permohonan Bantuan.